JUMLAH PENDERITA HIV/AIDS DI WANAM DIISUKAN BERJUMLAH 17 ORANG

share on:
Kepala Distrik Ilwayab, Patris Maturbongs (Jubi/Ans)

Merauke, Jubi (25/11)—- Kepala Distrik Ilwayab, Kabupaten Merauke, Patris Maturbongs mengatakan, berdasarkan isu yang beredar selama ini, jumlah penderita HIV/AIDS di Kampung Wanam adalah 17 orang. Namun, isu tersebut belum tentu benar juga. Karena para para pekerja seks komersial (PSK) di Wanam sendiri membantah dan mempertanyakan.

Hal itu disampaikan Patris saat ditemui tabloidjubi.com di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Merauke Senin (25/11). “Tentu yang berkompoten untuk mengeluarkan data tersebut adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke. Olehnya,  informasi yang beredar itu, masih sebatas dugaan dan tak dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Namun demikian, lanjut Patris,  jumlah para PSK liar yang masuk ke Kampung Wanam sangat banyak. Bisa mencapai 70-an orang. Hanya saja, mereka tidak betah tinggal. Hanya satu atau dua bulan disana, langsung menghilang dan muncul wajah baru. “Ya, kalau yang ada sekarang diperkirakan sekitar 30-an orang,” tandasnya.

Diakui jika tim dari Dinkes maupun KPA sering datang ke Wanam untuk memberikan sosialisasi tentang dampak dari penyakit HIV/AIDS. Juga pemeriksaan kesehatan termasuk pengambilan darah. Jika  berbicara tentang jumlahnya, akan lebih baik jika ditanyakan secara langsung kepada instansi berwenang.

Sekretaris KPA Kabupaten Merauke, Heny Suparman saat dihubungi melalui telpon seluler membantah jumlah tersebut. “Saya ingin tanya  informasi dari Kadistrik Ilwayab hingga menyebutkan angka penderita HIV/AIDS mencapai 17 orang di peroleh dari mana. Sekali lagi bahwa tidak benar data tersebut,” tegasnya.

Diakui jika dalam pemeriksaan yang dilakukan beberapa waktu lalu, yang tertinggi adalah shipilis saja. Itupun ditemukan pada para PSK di Wanam. Kalau masyarakat umum tidak ada. “Data lengkap tentang jumlah penderita HIV/AIDS ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke. Kalaupun terdapat penambahan, nantinya akan diteruskan ke KPA sekaligus disebarluaskan kepada masyarakat umum,” tuturnya. (Jubi/Ans)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  JUMLAH PENDERITA HIV/AIDS DI WANAM DIISUKAN BERJUMLAH 17 ORANG