MEMPRIHATINKAN DI MERAUKE SEBAGIAN BESAR POHON KELAPA BERBUAH JERIGEN

share on:
Jerigen bersama mayang kelapa yang diturunkan dari atas mobil

Merauke, Jubi (28/11)—- Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Muhzin Neungkela bersama 30 anggota di lingkungan Polres setempat, melakukan operasi penertiban minuman keras (miras) lokal di daerah Payum, Kelurahan Samkai. Dari hasil operasi yang dilakukan, berhasil disita 600 liter sagero yang akan dimanfaatkan untuk memproduksi sopi.
Oleh karena sagero tidak bisa bertahan lama, maka langsung ditumpahkan ke tanah di TKP.  Sagero yang ada ditemukan di rumah salah seorang warga.  Sedangkan sebagian besarnya diturunkan dari atas pohon kelapa, setelah digantung jerigen untuk menampung. Kurang lebih 200 pohon kelapa yang menggantung jerigen  di bagian mayangnya.
“Saat operasi, kami menemukan beberapa orang yang biasa menyadap sagero. Mereka diultimatum memanjat kelapa sekaligus memotong mayang bersama jerigen berisi sagero. Memang orang lain yang memproduksi. Pemilik kelapa hanya menyewa untuk digunakan. Sesuai kesepakatan, satu pohon kelapa dihargakan Rp 50.000 tiap bulan/pohon ,” katanya.
“Kami mengamankan juga salah seorang pemilik pohon kelapa atas nama Fransiskus Sun dan dibawa ke Polres Merauke. Dia akan diperiksa dan nantinya harus membuat pernyataan secara tertulis. Bersangkutan tak dapat diproses lantaran kadar sagero terlalu rendah. Tetapi bahwa pembinaan diberikan sehari dan baru akan dipulangkan,” tegasnya.
Ditambahkan, pihaknya telah mengingatkan kepada masyarakat setempat agar tidak menyewa pohon kelapa kepada orang lain untuk mengiris sagero. Lebih baik pohon kelapa dirawat dan dijaga, sehingga bisa berbuah dengan baik. Karena harga dipasaran sekarang sudah tinggi.
Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggola yang ikut dalam operasi itu menambahkan, banyak sekali pohon kelapa di daerah Payum  sudah digantung dengan jerigen. “Kita tidak melihat lagi buah kelapa. Tetapi jerigen di atas pohon kelapa. Padahal  kelapa tersebut sangat potensial untuk berbuah,” tuturnya. (frans)

 

Editor : Albert Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MEMPRIHATINKAN DI MERAUKE SEBAGIAN BESAR POHON KELAPA BERBUAH JERIGEN