SETELAH SEMPAT DITAHAN, 17 ANGGOTA KNPB DIPULANGAN POLISI, 12 JADI TERSANGKA

share on:
Aksi rakyat Papua tahun 2012 (IST)

Jayapura, 28/11 (Jubi)Kabid Humas Polda Papua, AKBP Sulistiyo Pudjo mengatakan, tujuh belas masa aksi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) telah dipulangkan pada Rabu (27/11) malam ke Abepura.

“Dari dua puluh sembilan masa aksi yang ditahan, tujuh belas sudah dipulangan. Sedangkan yang dua belas orang lainnya masih ditahan,” ungkap AKBP Sulistiyo Pudjo kepada tabloidjubi.com via seluler, Kamis (28/11).

Menurut Kabid Humas Polda Papua ini, dua belas yang ditahan bermalam karena ada satu orang yang dikenai Undang-undang Darurat No. 12 Tahun 1951. Sedangkan sebelas orang lainnya terjerat Undang-undang KUHP No. 170 tentang pengeroyokan dan penganiayaan.

Di tempat berbeda, Kepala Kepolisian Resort Jayapura Kota, AKBP. Alfred Papare kepada wartawan menuturkan dari 29 orang yang diamankan, 12 orang yang ditahan telah dijadikan tersangka.
“Ke dua belas orang sisanya ditetapkan sebagai tersangka, mereka dijerat 3 pasal yakni pasal 170, 335 ayat 1 dan undang-undang darurat,” kata Alfred.

Untuk tujuh belas orang yang telah dipulangkan, lanjut Alfred, dilepas karena polisi tidak mempunyai cukup bukti. “Namun bila dalam perkembangan penyidikan ada fakta baru, mereka akan ditangkap kembali,” tegasnya.

Sementara itu, Mamfred Naa, pengacara dari Koalisi Masyarakat Sipil untu Penegakan Hukum dan HAM di Papua saat dikonfirmasi pemulangan masa KNPB ini mengatakan, hal ini benar. Pihaknya telah menjumpai Kasat Reskrim Polresta Jayapura, AKP Steven Manopo membenarkan hal itu. Pihak koalisi juga telah mengambil nama-nama masa aksi yang masih ditahan di Polresta Jayapura. “Kami siap mendampingi secara hukum,” kata Mamfred Naa kepada tabloidjubi.com di Abepura, Kamis (28/11).

Mamfred Naa menyesalkan kebijakan aparat kepolisian yang tidak memperbolehan Tim pengacara dari Koalisi untuk melihat kondisi kedua belas masa KNPB yang masih ditahan tersebut. Surat perintah penangkapan yang diminta oleh Tim pengacara juga tidak diberikan oleh pihak kepolisian. “Seharusnya kami diberi akses karena berdasarkan undang-undang yang kenai kepada mereka, masa tahanan lebih dari lima tahun,” sesalnya. (Jubi/Aprila)

Tags:
Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SETELAH SEMPAT DITAHAN, 17 ANGGOTA KNPB DIPULANGAN POLISI, 12 JADI TERSANGKA