WAMEN PERHUBUNGAN RESMIKAN KMP SARDINELA DI TIMIKA

share on:
Ilustrasi tampak Kapal Putih KM Kelimutu untuk jasa transportasi masyarakat saat berada di depan perairan Pelabuhan Poumako (Jubi/Eveerth)

Timika, 28/11 (Jubi)  – Wakil Menteri (Wamen) Perhubungan Republik Indonesia, Bambang Susantono berkunjung ke Mimika. Kunjungan tersebut dalam rangka meresmikan Kapal Motor Penumpang (KMP) Sardinela yang akan beropersi dari Pomako, Timika – Dobo. Demikian kata Sekretaris Dinas Perhubungan Mimika, Dantje Nere, di Timika, Kamis.

“Hari ini wakil menteri perhubungan akan tiba di sekitar pukul 06.00 wit dengan menggunakan penerbangan Garuda. Berdasarkan jadwal, beliau akan mengunjungi beberapa proyek pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintah daerah. Diperkirakan sekitar pukul 16.00 beliau akan meresmikan KMP Sardinela. Wamen Perhubungan akan didampingi Direktur Jenderal Perhubungan Darat yang diwakili Direktur Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP), Direktur Perhubungan Laut yang diwakili KPLP dan Direktur Perhubungan Udara yang diwakili Direktur Bandar Udara,”  kata Nere.

 

Nere mengatakan, kedatangan wakil menteri akan disambut oleh Bupati Mimika dan sejumlah Pimpinan SKPD. Baik itu dari Dinas Perhubungan, maupun instansi lain yang terkait atau insan perhubungan.

“Insan perhubungan yang dimaksud itu seperti dinas perhubungan, KP3 Laut, Amamapare, Pomako, Kepala Damri, Kepala Bandara Mozes Kilangin, satker perhubungan darat, satker perhubungan udara, PT AVCO, PT Garuda, Merpati, Sriwijaya. Nantinya akan menjemput wamen,”jelasnya.

Berat kapal ini 750 GT dan bisa mampu mengangkut 24 mobil. Peresmian kapal ini akan dilakukan di Dermaga Samudera di Poumako Distrik Mimika Timur. Seharusnya peresmian ini dilakukan di dermaga ASDP, tapi dermaganya belum siap maka dipindahkan ke Dermaga Samudera.

 

Sementara itu secara terpisah, Kepala Bidang Perhubungan Udara, Dinas Perhubungan dan Kominfo Kab. Mimika Jhon Rettob mengatakan, selain melakukan peresmian KMP Sardinela, Wamen dan rombongan akan melakukan kunjungan ke Bandara Moses Kilangin Timika.

 

Menurut John, kunjungan ke Bandara MK juga merupakan implementasi dari MoU yang ditandatangani tiga pihak yakni PT Freeport Indonesia, Pemkab Mimika dan Pemerintah Pusat sehingga bisa secara serius dalam menangani pengelolaan Bandara Mozes Kilangim Timika.

Ketiga pihak ini ini harus peduli karena Bandara Mozes Kilangin sangat butuh untuk dikembangkan karena perannya sangat penting sebagai penyambung transportasi ke wilayah pedalaman Papua.

“Kita harapkan semua pihak serius dalam menangani hal ini dan melihat bahwa Bandara Mozes Kilangin Timika perlu dikembangkan dan membutuhkan dana, dukunga moril dan dukungan teknis. Hal ini penting agar target pengembangan Bandara yang akan selesai pada tahun 2015 dapat terwujud,” tandasnya.

Sementara dari berbagai kunjungan yang dilakukan oleh Wakil Menteri Perhubungan semua berjalan baik, termasuk acara peresmian kapal untuk layani transportasi masyarakat. Acara Kunjungan Wakil Menteri ke Kabupaten Mimika itu untuk meresmikan pelayaran KMP Sardinela yang melayani rute Pomako-Dobo Saumlaki itu berlangsung dengan baik yang diawali dengan kunjungan ke Bandara Moses Kilangin, Kuala Kencana serta peresmian di pelabuhan Poumako. (Jubi/Eveerth)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  WAMEN PERHUBUNGAN RESMIKAN KMP SARDINELA DI TIMIKA