PEMKAB SUPIORI TARGET BANGUN 4000 UNIT RUMAH UNTUK WARGANYA

share on:
Bupati Supiori Fred Manufandu Didampingi Sekretaris Dinkes Supiori Ross Mayor, saat memberi keterangan pers.(Jubi/Alex)

Jayapura, 2/12 (Jubi) Pemerintah Kabupaten Supiori, Papua menargetkan akan membangun 4000 unit rumah layak huni yang diperuntukan bagi masyarakat daerah itu. Dimana program tersebut sudah berjalan sejak 2011 dan akan bergulir sampai tahun 2015 mendatang.

Bupati Kabupaten Supiori Fred Manufandu, kepada wartawan, di Jayapura, Senin (2/12) mengatakan, sedikitnya 1.800 unit rumah sudah terbangun merata disetiap kampung. Dimana, tahun 2013 ini Pemerintah alokasikan dana pembangunan rumah sebesar Rp39 miliar.

“Pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat di Kabupaten Supiori sejak 2011 dan akan bergulir sampai tahun 2015.
Dan sedikitnya 1.800 unit rumah sudah terbangun merata disetiap kampung. Dimana, di 2013 ini Pemerintah telah alokasikan dana sebesar Rp39 miliar,” kata Fred.

Dana sebesar Rp39 miliar yang diperuntukan membangun rumah bagi masyarakat, dibagi per kampung sebesar Rp1 miliar untuk membangun 20 unit rumah dengan biaya pembangunan tiap unit rumah Rp50 juta.

Selain itu, melalui program Tentara Masuk Desa (TMD) juga membangun 40 unit rumah. “Pembangunan rumah bagi masyarakat sudah menjadi komitmen kami pemkab untuk mengangkat masyarakatnya dari kondisi kurang sejahtera menjadi sejahtera,” tambahnya. tukasnya.

Ditambahkannya, pembangunan rumah bagi masyarakat Supiori juga diikuti dengan pembangunan jaringan listrik ke kampung-kampung, mengingat listrik merupakan salah satu prioritas kebutuhan warga masyarakat sejak kabupaten Supiori resmi dimekarkan berdasarkan Undang-Undang No 35 tahun 2003.

“Upaya pemerintah daerah dalam menjawab kebutuhan listrik, sudah diprogramkan dalam beberapa tahun mendatang dan diharapkan terealisasi dengan baik. Hal itu dikarenakan listrik menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat di Supirori, dan untuk bukti bisa ke Supiori lihat tiang-tiang listrik yang dipancang melalui laut masuk ke kampung-kampung di Supiori,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Supiori, Ross Mayor mengatakan, disamping membangun rumah untuk masyarakat, pihaknya juga terus meningkatkan pola hidup sehat di setiap kampung-kampung, guna mengajak masyarakat daerah itu untuk sadar akan kesehatan.

Hal ini terbukti dari penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Supiori dari Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe karena dinilai berhasil meningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“Program bertitel pelayanan kasih bagi ibu dan anak yang sudah berjalan dua tahun, terbukti telah mengurangi resiko kematian ibu dan anak di Kabupaten Supiori dan mengurangi bayi lahir dengan gizi buruk,” kata Ross Mayor. (Jubi/Alex)

Tags:
Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMKAB SUPIORI TARGET BANGUN 4000 UNIT RUMAH UNTUK WARGANYA