HENDRIKO KIWAK DIGAET PSS SLEMAN

share on:
Hendriko Kiwak bakal membela PSS Sleman pada kompetisi 2014. (Jubi/Ist)

Yogyakarta, 14/12 (Jubi) – Di tim mana Hendriko Kiko Masko Kiwak berlabuh, akhirnya terjawab. Salah satu pemain muda asal Tanah Papua ini dipastikan akan bermain di PSS Sleman. Sebelumnya, ia gagal lolos seleksi di Pelita Bandung Raya (PBR) baru-baru ini.

Kepada tablodjubi.com di Yogyakarta, Sabtu (14/12) siang, Hendriko mengatakan, ia direkrut tim Elang Jawa -julukan PSS Sleman, setelah mengikuti rangkaian seleksi sejak pekan lalu. “Saya lolos seleksi dengan sejumlah pemain yang sama-sama mengadu nasib di PSS,” katanya.

Hendriko Kiwak direkomendasikan oleh Pelatih PSS Sleman, Sartono Anwar melihat kemampuan, skill dan visi bermain dari pemain asal Beoga, Kabupaten Puncak Papua ini. Selain ia, PSS juga merekrut pemain Papua lainnya, Steven Anderson Imbiri.

Dilansir salah satu media lokal Yogyakarta, Kedaulatan Rakyat edisi Sabtu (14/12), Sartono Anwar mengatakan, pembentukan tim Elja (Elang Jawa) sudah dimulai sejak ia bergabung pada 4 Desember lalu dengan menyeleksi pemain lokal maupun asing dan dari Indonesia lain.

Dari banyak pemain yang ikut seleksi, kata dia, setidaknya 10 pemain direkomendasikan untuk menambah kekuatan tim Elja. Mereka akan digabungkan bersama 12 pemain lawas PSS musim lalu. Namun, masih menyeleksi empat pemain lagi.

Negosiasi terhadap 10 pemain tersebut, kata Sartono Anwar yang dibenarkan Manajer PSS Sleman, Supardjiono, baru dilakukan Jumat (13/12) sore.

Bagi Sartono Anwar, target dari manajemen mulai dijawabnya dengan proses seleksi pemain secara profesional dan transparan. Sartono Anwar tercatat sebagai pelatih domestik sarat pengalaman. Ia terakhir menangani salah satu tim ISL di kompetisi 2012/2013, Persisam Samarinda.

Hendriko Kiwak sebelumnya membela Yahukimo FC di kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia, dan Persidafon U-21 beberapa bulan lalu di Stadion Mandala Jayapura. Ia juga sempat memperkuat tim PS Uncen pada event Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) XIII 2013 di Yogyakarta. Namun baru sekali bermain, ia diijinkan pelatih Daniel Womsiwor untuk ikut seleksi di PBR.

Mantan siswa PPLP Papua ini pernah tercatat sebagai pemain Timnas AFC U-16 tahun 2010. Juga tim SAD Indonesia U-17. Posisi awalnya bek kiri, namun oleh pelatihnya kala itu, Cesar Payovich, Hendriko diproyeksikan sebagai gelandang. Kepercayaan itu ia buktikan di lini tengah SAD Indonesia U-17. Mantan pelatih Timnas U-16, Mundari Karya bahkan memuji kemampuan bertahan dan menyerang pemain kelahiran 4 Februari 1994 itu sama bagusnya ditopang dengan skill istimewa yang dimiliki Kiwak.

Mundari sejak dulu sudah yakin dengan bakat besar yang dimiliki Masko. Kata Mundari, anak ini tipikal pemain sepakbola modern dengan fisik kuat, skill tinggi dan visi bermain yang bagus. Karenanya, Mundari yakin, kemampuannya terasah dengan ketatnya kompetisi di Uruguay dan Hendriko adalah aset untuk masa depan sepakbola Indonesia.

Mimpi bermain di tim besar mulai terwujud, dengan lolos seleksi di PSS Sleman. Pria Damal peranakan Mee ini sejak masih belia memang bertekad menjadi pesepakbola profesional. (Jubi/Markus You)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  HENDRIKO KIWAK DIGAET PSS SLEMAN