PANWASLU KELUARKAN SURAT UNTUK PENERTIBAN BALIHO

share on:
Pemateri dalam kegiatan sosialisasi di Hotel Iteze (Jubi/Ans)

Merauke, Jubi (19/12)— Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Merauke, Benediktus Tukedjo, SH mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat sebanyak  dua kali kepada pemerintah dan aparat keamanan agar melakukan penertiban terhadap baliho para kandidat yang terpajang di lokasi dan atau tempat tempat yang dilarang.

Hal itu disampaikan Benediktus saat ditemui tabloidjubi.com di Hotel Iteze Kamis (19/12). Menurutnya, selama ini, mungkin masyarakat berasumsi bahwa yang bertugas menurunkan baliho para caleg adalah Panwas, namun  harus diketahui dan dipahami bahwa itu adalah kewenangan pemerintah serta aparat keamanan.
“Kami hanya mengeluarkan surat dan memberitahukan kepada pihak berkompoten agar melakukan penertiban,” ungkapnya.

Begitu juga dengan zona kampanye. Jika tidak sesuai agar dilakukan penertiban kembali. Sehingga tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari nanti. Pada saat minggu tenang, pemerintah dan aparat keamanan yang akan berperan melakukan penertiban terhadap baliho para calon legislatif (caleg).

Tugas Panwas, katanya, hanya sebatas memberikan rekomendasi kepada pemerintah dan aparat keamanan tentang lokasi dan atau titik-titik untuk dilakukan pembongkaran baliho. Tentunya komunikasi dan koordinasi tetap akan jalan terus bersama beberapa instansi terkait itu.

Secara terpisah Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Merauke, Kadek, SH yang hadir dalam kegiatan sosialisasi sentra Gakkumdu terhadap tahapan pengawasan pemilu legislatif di Hotel Iteze  dengan dihadiri utusan para caleg dari tiap partai politik,  mengatakan, jika ada pelanggaran yang ditemukan, maka harus segera dilaporkan kepada Panwas. Sehingga dapat ditindaklanjuti ke kepolisian serta kejaksaan.

Hal serupa disampaikan Kasat Reskrim Polres Merauke, Iptu Agus Supriadi Siswanto. Menurutnya, ada batas waktu yang diberikan untuk memproses suatu kasus yang berkaitan dengan pelanggaran pemilu. Dimana, hanya tujuh hari. Olehnya, jika ada temuan, harus segera dilaporkan. Tidak boleh menunda-nunda waktu lagi. (Jubi/Ans)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PANWASLU KELUARKAN SURAT UNTUK PENERTIBAN BALIHO