PENEMBAKAN TERJADI DI KALI KOPI TEWASKAN SATU ORANG

share on:
Tampak Lokasi Tanggul Timur yang dilalui melalui Sungai Ajkwa biasanya menggunakan motor jhonson, wilayah ini masih menjadi area PT. Freeport Indonesia (Jubi/Eveerth)
Tampak latar Lokasi Tanggul Timur yang melalui Sungai Ajkwa biasanya menggunakan motor jhonson, wilayah ini masih menjadi area PT. Freeport Indonesia (Jubi/Eveerth)

Timika, 10/1 (Jubi) –  Seorang yang diduga dari Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) tewas setelah baku tembak dengan aparat TNI/Polri di Tanggul Timur, Kali Kopi, area PT Freeport Indonesia, Kamis (9/1) malam sekitar pukul 17.30 WIT.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, AKBP Sulistyo Pudjo SIK melalui pesan singkatnya kepada tabloidjubi.com, Kamis (9/1) mengatakan, peristiwa ini berawal ketika aparat gabungan TNI/Polri sedang melakukan patroli ke daerah yang diduga sering didatangi oleh KSB di sekitar Tanggul Timur, Kali Kopi, area Freeport. Saat itu aparat gabungan bertemu dengan KSB yang sedang membawa senjata api. “Ketika bertemu, kelompok sipil bersenjata langsung melepaskan tembakan ke arah aparat gabungan. Aparat gabungan juga langsung membalas tembakan,” jelas Pudjo.

Pudjo menuturkan, kontak senjata antara TNI/Polri dan KSB terjadi sekitar 10 menit. Akibatnya, seorang dari KSB tewas terkena tembakan dari aparat gabungan. Selain itu, TNI/Polri juga berhasil menyita satu pucuk senjata laras panjang jenis M-16 dan juga 3 Magazen M-16 sebagai barang bukti.

Hingga pesan singkat yang diterima tabloidjubi.com sekitar pukul 00.00 WIT, jenasah dilaporkan masih berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Aparat gabungan belum bisa mengevakuasi jenasah karena hari yang sudah gelap. Sementara barang bukti sudah diamankan aparat.

Sementara itu, Komandan Brigade Infantri 20, Ima Jaya Keramo (IJK) Timika, Letkol Inf. Boni Chistian Pardede yang dihubungi melalui telepon selulernya Kamis (9/1) malam mengatakan, tim yang kontak senjata dengan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) hanya Anggota TNI yang sedang melakukan patroli. “Yang patroli dan kontak senjata hanya anggota TNI, tapi lengkapnya saya belum tau. Saya belum bisa kasih keterangan karena data lengkapnya belum disampaikan kepada saya. Saat ini saya sedang berada di Jakarta. Tim masih di dalam (TKP) dan saya belum bisa kontak mereka, nanti salah lagi. Pasti akan saya kabari kalau memang data lengkap dan pastinya sudah saya terima,” ungkap Danbrig.

Tanggul Timur, Kali Kopi merupakan daerah rawan yang kerap kali terjadi penembakan. Beberapa tahun lalu, sejumlah peristiwa besar terjadi di lokasi tersebut. Penembakan dan pembakaran kendaraan L300 milik salah satu kontraktor pernah terjadi sekitar lokasi tersebut. tiga orang tewas setelah ditembak dan kendaraannya dibakar.

Belum lagi penembakan dan pembakaran dua petinggi Security Freeport. Terakhir di sekitar lokasi tersebut, penembakan terjadi terhadap aparat Kampung Nayaro ketika melintas. Akibat penembakan tersebut, ratusan bahkan ribuan warga Kampung Nayaro ketakutan dan memilik mengungsi ke Timika. (Jubi/Eveerth)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PENEMBAKAN TERJADI DI KALI KOPI TEWASKAN SATU ORANG