SERIBU PERSONIL AMANKAN ROMBONGAN DELEGASI MSG DI PAPUA

share on:
Pengamanan TNI Polri (Jubi/Indrayadi TH)
Pengamanan TNI Polri (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura, 13/1 (Jubi) – Kurang lebih seribuan aparat gabungan TNI Polri, masing-masing dari Brimobda Papua 213, Polres Jayapura 300 lebih, Polresta Jayapura 326, dan TNI sepertiga kekuatan mengamankan sepanjang jalan yang dilalui rombongan tamu Negara dari Sentani, Kabupaten Jayapura hingga Ruko Dok II Jayapura, Kota Jayapura.

Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Polisi Sulistyo Pudjo Hartono saat ditemui tabloidjubi.com.

Dirinya membenarkan penjagaan ketat tersebut. Ia mengungkapkan bahwa Ketua rombongan yakni Menteri Luar Negeri Fiji itu bisa di panggil Yang Mulia, jadi pihaknya memperlakukan mereka sesuai dengan tata kenagaraan Internasional “Karena jalur yang begitu panjang dari Sentani sampai sini (Kota Jayapura-Red) jadi tiap titik yang berbahaya, contohnya titik yang kemungkinan ada longsor jadi di tempatkan orang, ada pasar terus kalau rombongan lewat ada orang lewat terus tertabrak, makanya tempatkan anggota,” kata Pudjo, Senin (13/01).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort Jayapura Kota, AKBP. Alfred Papare mengklaim bahwa penanggungjawab pengamanan bukan Polresta Jayapura, ini bukan pengamanan Extra, ini tamu negara. “Kalau saya (Polresta Jayapura) hanya berikan personil saja, saya berikan 326 personil,” tegasnya, Senin (13/01).

Sebelumnya, delegasi negara-negara Melanesia yang terdiri masing-masing Menlu Fiji H.E. Ratu Inoke Kubuabola, Menlu Papua New Guinea Mr. Hon Rimbink Pato, Menlu Kepulauan Solomon Mr. Hon Soalaoi Clay Forau dan perwakilan FLNKS telah tiba sejak pukul 05.20 menggunakan pesawat Fokker-100 PK-TWN milik PT. Transwisata Prima Aviation yang diterbangkan dari Halim Perdana Kusumah.  (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SERIBU PERSONIL AMANKAN ROMBONGAN DELEGASI MSG DI PAPUA