KOALISI PAPUA DESAK GELAR SIDANG YAZON NGELIA

share on:
Yazon Ngelia dkk dibawa Ke Polresta setelah ditangkap(Ist)
Yazon Ngelia dkk dibawa Ke Polresta setelah ditangkap(Ist)

Jayapura, 14/1 (Jubi) – Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Penegakkan Hukum dan HAM di Tanah Papua mendesak pihak kejaksaan Negeri Jayapura mempercepat proses hukum Yazon Ngelia.

“Kami minta cepat karena dia sedang menyusun skripsi,” tutur Manfeed Naa SH, anggota kuasa Hukum Yazon Ngelia, ketua BEM FISIP UNCEN kepada tabloidjubi.com di kantor Elsham Papua (14/1).

Yazon Ngelia diduga melakukan penganiayaan terhadap rekannya, Stenli. Stenli melapor Yazon ke pihak berwajib 4 bulan sebelum Yazon memimpin demo penolakan Otsus Plus di depan kantor MRP akhir tahun lalu (7/11) yang berujung pada penangkapan Yason bersama rekan lainnya.

Menurut aturan hukum, penangkapan ini sangat tidak benar.
“Peristiwa hukum lain, penangkapan dengan kasus lain ini sangat aneh,” tutur alumsi Fakultas Hukum Uncen ini.

Sebenarnya, menurut Manfred, tidak ada alasan polisi terus menahan Yazon. “Stenli sudah menarik laporannya tetapi Polisi mengatakan proses hukum jalan jadi kita ikut saja.” tambah Manfred.

Manfred mengatakan pihaknya siap akan membuktikan semua yang dituduhkan kepada Yazon.

Sedangkan, Olga Hamadi, salah satu anggota kuasa hukum Yason, yang juga Kordinator KontraS Papua mengatakan sidang kasus Yazon akan dilakukan Januari ini. “Yazon kini tahanan jaksa. Kita menunggu risalah panggilan sidang,” kata Olga.

Dalam kesempatan yang sama, Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Penegakan Hukum dan HAM di Tanah Papua meminta tanggapan Polresta Jayapura atas penganiayaan terhadap Yazon Ngelia yang dilakukan oleh sesama tahanan.

“Kami buat surat permintaan penjelasan pemukulan Yazon pada 29 November 2013, hingga kini belum ada tanggapan dari polisi,” tutur Manfred Naa SH, kepada tabloidjubi.com.

Manfred mendesak pihak kepolisian harus memberikan keterangan kejadian kasus yang mengganggu kenyamanan Yazon sebagai tahanan.

Kapolresta Jayapura, AKBP. Alfred Papare yang dihubungi melalui pesan singkat untuk dimintai konfirmasi tentang kasus penganiayaan ini, belum memberikan komentar. (Jubi/Mawel)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KOALISI PAPUA DESAK GELAR SIDANG YAZON NGELIA