MARKUS HALUK: LUKAS ENEMBE BICARA REALISTIS SAJA

share on:
Markus Haluk (Ist)
Markus Haluk (Ist)

Jayapura, 14/1 (Jubi) Sekretaris Jendral Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Se-Indonesia (AMPTPI), Markus Haluk mengatakan Lukas Enembe, Gubernur Papua mestinya bicara kenyataan yang ada daripada mengandai-andai dan mengajak orang Papua untuk  melupakan masa lalunya.

“Orang yang tidak tahu diri saja yang bisa melupakan masa lalunya,” ujar Markus kepada tabloidjubi.com di Abepura, Kota Jayapura,Papua (14/1).  Markus Haluk menanggapi pernyataan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang mengajak, orang Papua untuk melupakan masa lalu.

“Saya pikir, lebih baik, kita bicara realistis saja. Perjuangan orang Papua hari ini bukan persoalan makan minum melainkan harga diri yang semakin terus terancam.” tutur pria alumni Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Fajar Timur Abepura ini.

Pergumulan memang membuktikan, kata Markus, harapan hidup orang Papua hilang.
“Harapan itu hanya bisa kembali kalau orang Papua hidup mandiri di negerinya sendiri. Orang Papua harus hidup diatas kakinya sendiri baru bisa ada harapan hidup.” katanya.

Ditegaskan kalau sampai mengajak orang untuk melupakan masa lalu dan  orang Papua terancam, gubernur menyangkal diri sendiri dan masa lalunya yang suram dalam sejarah dengan cara murahan seperti Otonomi Khusus, UP4B dan Otsus Plus.
“Harus ingat bahwa Otsus itu tidak terlepas dari masalah Politik Papua. Tanpa adanya masalah politik, semua itu tidak akan pernah ada,” katanya.

Karena itu jauh lebih terhormat, lanjut  Markus Haluk, Gubernur Papua, Lukas Enembe, bicara cara-cara untuk menyelesaikan soal dan bukan bicara  menambah persoalan. “Kalau mau, kita selesaikan masalah melalui perundingan saja,” tegasnya.

Usai pertemuan tertutup dengan para menteri Luar Negeri negara-negara Melanesia, Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengajak semua pihak untuk melupakan masa lalu demi menata kembali masa depan dan kemajuan rakyat Papua.

“Saya ajak semua pihak untuk melupakan masa lalu. Kalau ada pelanggaran HAM dan kini kita tata kembali demi masa depan dan kemajuan rakyat Papua,” kata Gubernur Lukas Enembe, di Jayapura, Senin (13/1). (Jubi/Mawel)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MARKUS HALUK: LUKAS ENEMBE BICARA REALISTIS SAJA