WARGA TIONGHOA PERSILAHKAN MASYARAKAT IKUT SERTA

share on:
Peringati Imlek, salah satu sudut kota Jayapura yang dipasangi lampion(jubi/sindung)
Peringati Imlek, salah satu sudut kota Jayapura yang dipasangi lampion(jubi/sindung)

Jayapura, 27/1 (Jubi) – Pada 31 Januari 2013, tepat pada perayaan Tahun Baru Imlek 2566, seluruh masyarakat Tionghoa akan berkumpul di Vihara DarmaBakti mulai pukul 09.00 WIT, dan mempersilahkan masyarakat turut serta merayakan momen tersebut.

Ketua Panitia Perayan Tahun Baru Imlek 2566 di Kota Jayapura Isak Montolalo mengemukakan bahwa dalam peringatan Tahun Baru Imlek, pihaknya ingin mencoba memperkenalkan kembali tradisi tersebut kepada kaum muda, terkhusus kaum muda Tionghoa.

“Perayaan Tahun Baru Imlek kali ini kembali generasi muda. Perlu saya ingatkan generasi muda yang terlahir tahun 1967 sama sekali tidak kenal dan asing terhadp tahun baru imlek,” ungkap Montolalo kepada tabloidjubi.com di b-One Restaurant pada Senin (27/01).

Dijelaskan Isak, perayaan Tahun Baru Imlek tidak berkaitan dengan unsur agama karena memang murni ini berasal dari kebudayaan di China yang sudah turun menurun, karenanya seluruh puhak yang terlibat berasal dari beberapa agama, mulai Islam, Kristen Protestan, Katolik dan Budha.

Ia berharap dengan perayaan Imlek yang semarak dapat memperkuat jalinan silaturahmi antar masyarakat Tionghoa yang akhirnya dapat menular kepada mudahnya mereka berinteraksi dengan masyarakat lokal, sehingga terjalin kehidupan yang harmonis antar ras.

“Perayaan imlek 2014 ini, adalah langkah awal untuk perayaan yang lebih besar lagi ditahun berikutnya, sebab direncanakan pada tahun 2015 perayaan Imlek di Kota Jayapura akan mencampurkan unsur budaya lokal yang ada dengan budaya Tionghoa,” tukas Isak.

Sementara itu, Sekretaris Panitia, Yanto Irawan mengemukakan bahwa kegiatan peringatan ini akan diisi dengan Barongsai, Liong dan beberapa atraksi kebudayaan Tionghoa di berbagai tempat. “Kami sudah menerima beberapa permintaan keluarga untuk mengadakan pertunjukkan di berbagai tempat untuk memperingati tahun baru Imlek,” tambah Yanto. (Jubi/Sindung)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  WARGA TIONGHOA PERSILAHKAN MASYARAKAT IKUT SERTA