POLDA PAPUA TAK AKAN TAMBAH PERSONIL DARI LUAR UNTUK AMANKAN PEMILU

share on:
Arjuna-Jubi- Karnavian Tito
Kapolda Papua, Irjenpol. Tito Karnavian (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 29/1 (Jubi) Kepolisian Daerah (Polda) Papua mengklaim siap mengamankan jalannya Pemilu di Papua baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pilpres mendatang. Jumlah anggota cukup  dan tak akan meminta bantuan personil dari luar Papua. 

Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, Polda Papua memiliki 14.000 personil di seruluh Papua. Jumlah tersebut dianggap cukup mengamankan jalannya pesat demokrasi di Bumi Cenderawasih tanpa harus meminta tambahan personil dari luar Papua.

“Saya kira jumlah itu sangat cukup untuk mengamankan seluruh pelaksanaan Pemilu yang akan digelar tahun ini, mulai Pileg hingga Pilpres. Jika terjadi konflik atau kerusuhan dengan skala yang cukup besar, ada anggota TNI yang siap membantu tugas kami, tanpa harus meminta bantuan tambahan personil polisi dari luar Papua karena justru akan memakan biaya” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian, Rabu (29/1).

Menurutnya, Polda Papua telah berkoordinasi dengan Pangdam XVII Cenderawasih, dan pihak Kodam menyatakan siap memback up polisi mengamankan jalannnya Pemilu di Papua.

“Kami sudah Koordinasi dengan Pangdam, dan beliau siap membantu.  Penyelenggaraan Pemilu yang dilakukan tidak serentak akan memudahkan konsentrasi anggota kepolisian dalam menyusun dan menerapkan strategi pengamanan, mulai dari masa kampanye hingga cipta kondisi yang tenang setelah pelantikan,” ujarnya.

Dikatakan, khusus Pileg, 9 April mendatang Polda Papua menyiapkan sebanyak 9.000 personil untuk pengamanan masa kampanye hingga pelantikan dan 4.000 personil stanby untuk  cipta kondisi selama satu bulan setelah pelantikan.

“Pada prinsipnya Polda Papua akan berkordinasi dengan seluruh Kapolres dan Wakapolres di Papua untuk meminta bantuan pihak TNI jika terjadi keos,” katanya. (Jubi/Arjuna

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  POLDA PAPUA TAK AKAN TAMBAH PERSONIL DARI LUAR UNTUK AMANKAN PEMILU