DPRD MERAUKE GODOK RAPERDA MIRAS

share on:
Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu R Nainggolan sedang tunjuk miras dari luar yang disita (Jubi/Ans)

Merauke, Jubi (31/1) – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengendalian minuman keras di Kabupaten Merauke, telah dilakukan melalui tahapan perencanaan yakni program legislasi daerah. Dasar menggodok Rapeda miras itu, setelah adanya aspirasi masyarakat, terutama kaum perempuan yang merasakan langsung dampak dari penyalahgunaan minuman beralkohol.

Salah seorang anggota Badan Legislasi DPRD Kabupaten Merauke, Heny Suparman, SH kepada tabloidjubi.com Jumat (31/1) mengatakan, Raperda dimaksud selain untuk pengendalian minuman keras, juga dalam rangka penyelenggaraan otonomi serta tugas pembantuan yang diarahkan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Kesejahteraan tersebut, demikian Heny, mencakup peningkatakan pelayanan, pemberdayaan dan peran masyarakat,  juga peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan serta kekhususan suatu daerah dalam dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dijelaskan, Raperda ini juga merupakan salah satu produk peraturan perundang-undangan yang menjawab kebutuhan serta harapan masyarakat. Landasan dimaksud lebih diperkuat dengan adanya kekosongan hukum yang mengatur tentang pengendalian minuman beralkohol.

Raperda miras tersebut, katanya, terdiri dari 11 bab, 17 pasal dan 32 ayat. Minuman yang beredar, harus memenuhi syarat serta ketentuan kesehatan. Sedangkan minuman tradisional dilarang untuk diproduksi dan diedarkan, lantaran dinilai sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat Merauke, khususnya orang asli Papua.

Secara terpisah Kabag Ops Polres Merauke, Kompol Muhzin Neungkela mendukung langkah yang sedang dilakukan para wakil rakyat untuk menghasilkan dan atau membuat Perda tentang miras. Karena dengan Perda dimaksud, akan menjadi suatu payung hukum jelas dalam melakukan penindakan, terutama miras lokal yang diproduksi maupun diedarkan selama ini oleh warga tertentu. (Jubi/Ans)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD MERAUKE GODOK RAPERDA MIRAS