135 MASYARAKAT HERAM AKAN TERGUSUR

share on:
pelabaran jalan sentani (IST)
Pellbaran jalan di Sentani (IST)

Jayapura, 3/2 (Jubi) – Kepala Distrik Heram, Jayakusuma mengakui ada sebanyak 135 masyarakat pemilik ruko dan pelaku ekonomi di wilayah Distrik Heram dipastikan akan tergusur karena pelebaran jalan proyek jalan nasional Sentani-Jayapura.

“Dari rapat tindak lanjut tiga minggu kemarin tercatat kurang lebih ada 135 orang yang akan tergusur dari proyek pelebaran jalan nasional tersebut, siapa-siapa yang kena dan berapa luas.’  ungkap Jayakusuma, kepada tabloidjubi.com, Senin (3/2)

Jayakusuma juga mengemukakan bahwa tahap awal dalam pengerjaan proyek jalan nasional ini nantinya dari batas kota hingga TMP Waena baik di kiri dan kanan jalan.
“Ada rumah, pagar, tanah dan hotel dipastikan  akan digusur dan rata-rata mereka yang terkena pelebaran jalan ini kurang lebih 11 meter dari As jalan,” tegas Jayakusuma.

Ia juga menampik adanya pembicaraan terkait dengan harga tanah penggantiannya  karena merupakan bukan kewenangan dirinya untuk menginformasikan ke publik.
“Mereka semua setuju atas hal tersebut karena hal ini merupakan kepentingan masyarakat secara luas lainnya. Bagaimana penggantiannya itu merupakan kewenangan dari provinsi,” tukas Jayakusuma.

Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano mengatakan Pemerintah kota mendukung program pemerintah pusat yang masuk ke kota. Yang terpenting sekarang, lanjut Mano, pemerintah pusat melalui instansi terkait yang menangani pelebaran jalan itu berkoordinasi dengan Distrik, Lurah setempat, mengumpulkan masyarakat yang akan terkenapelebaran jalan tersebut untuk melakukan dialog. Apa saja yang dibicarakan disepakati dengan baik supaya pelebaran jalan sentani sampai dengan Taman Makam Pahlawan dapat dilakukan.

“Saya menerima pelebaran jalan tersebut. Yang saya garis bawahi, membicarakan dengan pemegang  sertifikat tentang jalan yang akan dilebarkan itu dengan baik. Ada jalan keluar yang baik, supaya masyarakat itu bisa tenang, menerima dan juga yang bekerja itu dengan lancar dan sukses tidak terganggu dengan masyarakat yang mempunyai hak atas tanah yang akan dilebarkan tersebut.,” kata Mano (Jubi/Sindung)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  135 MASYARAKAT HERAM AKAN TERGUSUR