HARI INI LIMA ANGGOTA KPU MIMIKA DILANTIK

share on:
Logo KPU (IST)
Logo KPU (IST)

Timika, 3/2 (Jubi)  —  Setelah beberapa bulan mengikuti proses seleksi, akhirnya secara resmi KPU Papua akan melantik Lima Anggota KPU Mimika Periode 2014 – 2019 di Jayapura,  Senin (3/1) besok. Adapun lima nama Anggota KPU Mimika yang akan dilantik adalah,  1. Yohanes Kemong 2. Mikael Beanal 3. Ambrosius Lamera 4. Illiam Komber 5. Agus Krey.

Hal ini dibenarkan Anggota KPU Papua, Tarwinto, sekaligus menjelaskan bahwa pelantikan akan tetap dilaksanakan di Jayapura bersamaan dengan beberapa kabupaten lainnya. “Memang benar, kalau Senin (3/1), akan dilakukan pelantikan KPU Mimika dengan nama – nama yang ada, yakni 1. Yohanes Kemong 2. Mikael Beanal 3. Ambrosius Lamera 4. Illiam Komber 5. Agus Krey,” ujar Anggota KPU Papua, Tarwinto, saat dikonfirmasi tabloidjubi.com, Senin (3/2).

Dikatakan, pelantikan lima Anggota KPU Mimika bersamaan dengan sekitar tujuh kabupaten lainnya, diantaranya KPU Kabupaten Intan Jaya, Boven Digul, Paniai dan KPU Kabupaten Deiyai.

“Sementara, untuk dua kabupaten yang hingga kini belum dilakukan pelantikan antara lain, Sarmi masih menunggu keputusan dari pusat dan khusus Kabupaten Biak akan dilakukan usai adanya pelantikan Bupati Terpilih yang baru,” kata Tarwinto.

Pihaknya berharap, Anggota KPU Mimika serta KPU Kabupaten lainnya yang dilantik, sekiranya dapat menjalankan tugas – tugas sebagai lembaga independen dan tetap bekerja sesuai dengahn aturan – aturan hukum yang jelas, terutama saling koordinasi untuk menciptakan demokrasi di Tanah Papua yang benar – benar demokratis jujur dan adil.

Dari informasi yang dihimpun tabloidjubi.com, selanjutnya  berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggara Pemilu Pasal 10 ayat 4 (Empat), adapun Tugas dan Wewenang KPU Kabupaten/Kota adalah KPU Kabupaten/Kota dalam Pemilu  Anggota  Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan  Rakyat Daerah,  Pemilu  Presiden  dan Wakil Presiden, dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota berkewajiban melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu dengan tepat waktu, memperlakukan peserta Pemilu dan pasangan calon presiden dan wakil presiden,  calon  gubernur,  bupati, dan walikota secara adil dan setara, menyampaikan  semua  informasi  penyelenggaraan Pemilu kepada masyarakat.

KPU Yang baru juga harus dapat melaporkan pertanggungjawaban penggunaan anggaran sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan, membuat berita acara pada setiap rapat pleno KPU Kabupaten/Kota dan  ditandatangani  oleh  ketua  dan anggota KPU Kabupaten/Kota, menyampaikan  data  hasil  pemilu  dari  tiap-tiap  TPS pada  tingkat  kabupaten/kota  kepada peserta pemilu paling lama 7 (tujuh) hari setelah rekapitulasi di kabupaten/kota, melaksanakan keputusan DKPP serta yang bagian terpenting lainnya, adalah melaksanakan kewajiban lain yang diberikan KPU, KPU Provinsi dan/atau peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Mimika, Aser Gobay mendesak KPU Provinsi Papua segera melantik lima komisioner KPU Mimika mengingat tahapan Pemilu Legislatif sudah semakin dekat.

“Nasdem mendorong agar dalam pekan ini juga komisioner KPU Timika yang baru sudah bisa dilantik. Ada tiga agenda penting yang harus ditangani segera yaitu pilkada putaran kedua, pemilu legislatif dan pemilu presiden,” kata Aser di Timika.

Aser mengatakan tiga agenda tersebut sangat penting dan membutuhkan kehadiran komisioner KPU Mimika yang baru untuk menanganinya. Agenda pilkada putaran kedua untuk sementara ditangani langsung oleh KPU Papua sesuai perintah Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) lantaran empat komisioner KPU Mimika yang lama sudah dipecat. (Jubi/Eveerth)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  HARI INI  LIMA ANGGOTA KPU MIMIKA DILANTIK