SELAMA SBY JADI PRESIDEN, TAK ADA PENGARUHNYA UNTUK PAPUA

share on:
Pastor John Djonga (Jubi/Arnold Belau)
Pastor John Djonga (Jubi/Arnold Belau)

Jayapura, 7/2 (Jubi) – Pastor John Djonga menilai selama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden RI tidak ada pengaruh sama sekali untuk Papua. Menurut ,penggiat Hak Asasi Manusia dan pendiri Yayasan Teratai Hati Papua(YTHP itu, sejak menjabat sebagai presiden pada 2004 hingga saat ini (2014) beberapa kelalaian yang dilakukan SBY.

“Presiden SBY pernah berjanji untuk menyelesaikan persoalan korupsi di Indonesia, persoalan-persoalan sosial di Indonesia, menyelesaikan persoalan HAM dan menyelesaikan persoalan Papua melalui jalan dialog damai. Tetapi hal itu belum pernah terjadi sampai hari ini,” tegas Pastor John Djonga, di Kantor Aliansi Demokrasi untuk Papua (ALDP) di Padang Bulan, Jayapura Papua, Jumat  siang (7/2)

Menurut Pastor John Djonga kini SBY ibaratnya orang yang salah satu  kakinya di sebalah (keluar). “Sudah mau selesai masa jabatan presidennya, berarti janji-janji dia tentang Papua, janji-janji dia tentang pelanggaran HAM dan tentang korupsi saya pikir mungkin tidak sampai 50%,” tandasnya.

Dengan begitu, kata Pastor Jojn Djonga, berarti 10 tahun SBY sebagai Presiden sama tidak ada arti sama sekali.

“Tidak ada penyelesaian masalah Papua, tidak ada penyelesaian masalah korupsi dan tidak ada penyelesaian soal-soal sosial di Papua maupun di Indonesia,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Pungky Indiarti dari Imparsial Jakarta, mengatakan terkait situasi keamanan di Papua kita kembali menagih janji pada SBY karena di awal-awal kepemimpinannya.  SBY menurut Pungky sudah berjanji untuk meyelesaikan semua persoalan, termasuk dengan aksi-aksi kekerasan yang terjadi di Papua.

“Kita harus kembali menagih janji SBY. Karena SBY pernah berjanji untuk bersedia melakukan apa saja demi perdamaian di Papua. Termasuk juga dengan melakukan dialog. Nah ini pada masa akhir jabatannya kami menagih kembali janji SBY untuk bisa segera dilaksanakan. Setidaknya ada pradialog. Dan itu yang seharusnya dilakukan,” tutur Direktris Imparsial itu.  (Jubi/Arnold Belau)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SELAMA SBY JADI PRESIDEN, TAK ADA PENGARUHNYA UNTUK PAPUA