PEMPROV PAPUA SIAPKAN DANA KONSOLIDASI PON 2020 RP150 MILYAR

share on:
Jubi-Arjuna-Kogoya Keniusss
Komisi E DPR Papua yang membidangi olahraga, Kenius Kogoya (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 12/2 (Jubi) – Ketua Komisi E DPR Papua yang membidangi olahraga, Kenius Kogoya mengklaim, pemerintah Provinsi Papua menyediakan dana kurang lebih Rp150 milyar di tahun 2014 untuk perencanaan dan konsolidasi Papua jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 mendatang. “Dana itu ada di Setda, dan akan cairkan ketika dibutuhkan,” kata Kenius, Rabu (12/2).

Menurut Kenius yang juga pengurus KONI Papua itu, dana itu sudah dimasukkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS). Dana itu sudah termasuk pembinaan atlet usia dini untuk PON XX 2020. “Juga akan ada tim dari China yang melakukan feasibility study atau studi kelayakan untuk pembangunan venue atau arena olahraga. Jadi dana itu untuk persiapan PON 2020, termasuk PON 2016 di Jawa Barat mendatang. Tapi kan nantinya masih ada dana hibah ke KONI dan itu lain lagi,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua, Benyamin Arisoy mengakui adanya dana Rp150 milyar itu. “Di tahun 2014 ini pemerintah Provinsi Papua menyiapkannya. Sebab Papua tuan rumah PON 2020 sudah menjadi tekad semua stake holder dan masyarakat Papua. Kapasitas fiskal kami memungkinkan menyelenggarakan PON 2020. Kami minta dukungan KONI pusat untuk meyakinkan provinsi lain kalau Papua jauh lebih siap. Ini sudah menjadi tekad kami semua,” katanya. (Jubi/Arjuna) 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMPROV PAPUA SIAPKAN DANA KONSOLIDASI PON 2020 RP150 MILYAR