PROGRAM GERBANGMAS HASRAT PAPUA RESMI DILUNCURKAN

share on:
Peluncuran Program Gerbangmas Hasrat Papua.(Jubi/Alex)
Peluncuran Program Gerbangmas Hasrat Papua.(Jubi/Alex)

Jayapura, 12/2 (Jubi) – Pemerintah Provinsi Papua akhirnya secara resmi meluncurkan program Gerakan Bangkit, Mandiri dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat (GERBANGMAS HASRAT) Papua, Rabu (12/2). Dimana program ini merupakan icon pembangunan di era kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal.

Kepala Bappeda Papua Muh Musa’ad, di Jayapura, Papua, Rabu (12/2) mengatakan, program Gerbangmas Hasrat Papua bertujuan untuk menuntaskan wajib belajar sembilan tahun, perbaikan mutu generasi emas, dan berdaya ekonomi serta pemenuhan infrastruktur Papua.

“Program khusus ini merupakan investasi jangka panjang yang membutuhkan konsistensi dalam pelaksananya serta kesabaran dalam pelaksanaannya, tetapi cita-cita besar ini harus dimulai dari sekarang dengan menyiapkan generasi yang akan lahir, yang telah lahir dan mempersiapkan kapasitas ekonomi untuk membangun kemandirian sehingga memutus rantai ketertinggalan antar generasi. Ketiga Hasrat Papua diatas adalah satu kesatuan gerakan kuantum menuju perbaikan kualitas generasi yang berday saing,” katanya.

Selama ini telah banyak kontribusi yang diberikan para mitra strategis pembangunan. Akan tetapi cenderung masih bersifat insidentil dan parsial. Oleh karena itu, dipandang perlu adanya harmonisasi dan sinegritas program secara terintegrasi antara program mitra pembangunan dan Pemerintah Provinsi Papua.

“Program mitra pembangunan harus diarahkan untuk mendukung program Pemprov Papua. Dengan cara ini diyakini apa yang dilaksanakan sebagai upaya percepatan pembangunan Provinsi Papua dapat optimal. Untuk itu harus tetap optimis untuk mensukseskan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur yakni, Papua bangkit, mandiri dan sejahtera sebagai keyakinan untuk bisa diwujudkan bersama–sama.

Ditemapat yang sama, Bupati Kabupaten Sarmi Mesak Manibor yang mewakili para bupati dan walikota se Papua mengatakan, program yang dikeluarkan merupakan ide, gagasan, dan kebijakan yang cemerlang dari Gubernur Papua Lukas Papua dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal.

“Ide dan gagasan cemerlang untuk melahirkan kebijakan gerbang emas hasrat Papua adalah salah satu upaya membangun peradaban baru bagi orang Papua. Sebagaimana kita ketahui, kebijakan ini terdiri dari yang pertama adalah reformasi kebijakan dan penataan regulasi, Kedua menciptakan generasi emas Papua dan pemberdayaan ekonomi rakyat, kemudian penempatan prasarana dasar dan infrastruktur,” kata Mesak Manibor.

Empat pokok kebijakan yang menjadi roh Gerbangmas Hasrat Papua, menjadi hal–hal mendasar dalam menjawab persoalan pada masyarakat di Papua saat ini.

“Selaku bupati dan kepala daerah. Kami semua siap bergandengan tangan dan sehati serta sepikir untuk mendukung dan melaksanakan kebijakan gubernur GerbangMas Papua yang hari ini dilaunching oleh Wakil Gubernur Papua,” ujarnya.

Agar keinginan baik untuk menciptakan peradaban baru di Tanah Papua ini, ada beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian. Diantaranya, semua pihak harus bekerja keras dengan berpedoman pada iman dan hati nurani.

Selain itu, semua pihak diharapkan bekerja dengan jujur dan takut akan Tuhan. Hal ini sebagaimana di Wahyukan oleh Rasul Papua Isak Samuel Kijne, barang siapa yang bekerja di tanah ini dengan jujur dan dengar –dengaran akan mendapat tanda heran yang satu ke tanda heran yang lainnya. kemudian harus rendah hati dan mau terbuka. Terutama dalam pengelolaan atau tata kelola pemerintahan dan juga keuangan daerah.

“Disamping itu, prinsip–prinsip good governance dan akuntabilitas harus juga di kedepankan, sehingga hal ini dapat membawa masyarakat Papua kepada kehidupan yang lebih baik lagi,” tukasnya.

Peluncuran program Gerbangmas Hasrat Papua juga ditandai dengan penandatanganan dukungan atas program dan ditanda tangani oleh seluruh pihak yang hadir.

Hadir dalam acara peluncuran program Gerbangmas Hasrat Papua, Sekretaris Daerah Papua Herry Dosinaen, Kepala Bappeda Papua Muh Musa’ad dan seluruh Negara donor dan lembaga donor seperti Usaid, AuSaid, Oxfam. Serta bupati Sarmi Mesak Manibor dan Bupati Supiori Fred Manufandu dan dihibur penyanyi ibukota asal Papua Edo Kondologit. (Jubi/Alex)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PROGRAM GERBANGMAS HASRAT PAPUA RESMI DILUNCURKAN