KPUD JAYAPURA BAKAL UMUMKAN DAFTAR CALEG “BANDEL”

share on:
Ketua KPUD Kabupaten Jayapura Hanock Mariai (foto: Jubi/D Budiman)
Ketua KPUD Kabupaten Jayapura Hanock Mariai (foto: Jubi/D Budiman)

Sentani 20/2 (Jubi) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jayapura akan mengumumkan ke publik daftar calon legislatif (caleg) yang dinilai masih “membandel” . Tak menghiraukan peringatan penyelenggara pemilu.

“Disebut bandel, karena sudah berulang kali kami sampaikan mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama tahapan pemilu legislatif, tapi masih melakukannya,” tukas Ketua KPUD Jayapura, Hanock Mariai, kepada tabloidjubi.com di Sentani, Kamis.

Meskipun pihaknya sudah melarang para caleg untuk memasang baliho di pinggir jalan serta memasang stiker gambarnya di bagian belakang mobil atau angkutan umum, namun menurutnya hal itu tetap saja dilanggar.

“Kalau memasang baliho di dalam pagar sekretariat pemenangan suatu partai, itu  tidak masalah. Namun jika  dipasang di luar, maka itu tugas KPU untuk menurunkannya karena dianggap sebagai pelanggaran,” urainya.

Hanock mengatakan, memang dalam peraturan tidak disebutkan bahwa memasang stiker di mobil ataupun kendaraan umum itu melanggar.

Tetapi, ketika mobil atau angkutan umum tersebut melintas di jalanan raya atau jalan umum, maka menurutnya itu berarti telah berada di kawasan publik, foto para caleg itu bisa menjadi wujud kampanye.

“Mudahnya saja, masa caleg mau wajahnya dipasang di mobil yang lalu lalang terkena debu dan lain sebagainya,” tandasnya.

Senada dengan itu , Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jayapura, Jacob Paisei menambahkan bahwa memang benar ada komitmen antara KPU dan Bawaslu untuk mempublikasikan caleg-caleg yang bandel ini.

“Ini salah satu cara agar pelanggaran yang terjadi dapat diminimalisir,” tegas Jacob melalui telepon selulernya, .

Menurut dia, saat ini pihaknya belum dapat memberikan data yang pasti mengenai caleg-caleg yang melakukan pelanggaran itu, karena masih menunggu masa tenang. “Yang jelas nanti akan terlihat, mana caleg yang melanggar dan   mana yang tidak,” tukasnya.

Dia berharap, dengan adanya publikasi caleg “bandel” ini, masyarakat dapat menentukan pilihannya secara pasti. (Jubi/D Budiman)


Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPUD JAYAPURA BAKAL UMUMKAN DAFTAR CALEG “BANDEL”