WALIKOTA JAYAPURA PERINTAHKAN PUSKESMAS BUKA 24 JAM

share on:
Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (Dok.Jubi)
Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (Dok.Jubi)

Jayapura, 21/2 (Jubi) – Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) memerintah seluruh Kepala Puskesmas di Jayapura membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama 24 jam.  Dari 12 Puskesmas di Jayapura, empat di antaranya sudah membuka pelayanan selama dua puluh empat jam.

Hal ini dikemukakan Kepala Bidan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kota Jayapura, drg. Edy HS, saat diwawancarai tabloidjubi.com  usai menutup Lokakarya Pengelolaan Pengaduan untuk Peningkatan Pelayanan Publik Kesehatan Kota Jayapura di Aula Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua, di Kotaraja, Abepura, Jumat (21/2) sore.

Menurut Edy, pada intinya Puskesmas di kota ini harus melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama 24 jam. Itu sudah komitmen tenaga medis.

“Itulah risikonya menjadi perawat, bidan, tenaga medis, dan dokter. Mereka harus melayani masyarakat selama 24 jam. Itu sudah menjadi sumpah dan janji yang disampaikan sehingga musuh pun harus dilayani selama itu,” kata Edy.

Menurut Edy hingga saat ini sudah ada empat Puskesmas yang mulai memberikan pelayanan 24 jam. Antara lain Puskesmas Kotaraja, Abepura.

“Pak Walikota BTM memerintahkan, 12 Puskesmas yang ada di Jayapura juga harus buka pelayanan kesehatan selama 24 jam. Dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura adalah memberikan dana operasional pelayanan 24 jam, bantuan manajemen,  dan motivasi.

Edy menambahkan, terkait fasilitas, Dinas Kesehatan Kota Jayapura harus memakai skala priotitas. “Pelan-pelan dibenahi dan dipenuhi dengan melihat kekuatan penganggaran. Namun, pada prinsipnya, kami siap melakukan pelayanan selama 24 jam untuk melayani masyarakat Jayapura,” ujarnya.

Hal Serupa juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Doralina De’ Brievin. Menurut Doralina, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura mendukung layanan puskesmas selama 24 jam. Selain itu, Dinkes juga mendukung apa yang menjadi harapan Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano supaya Puskemas buka 24 jam.

“Harapan Bapa tetap kita laksanakan dengan membuka layanan kesehatan di puskesmas 24 jam,” kata Doralina, pekan lalu.

Walikota JayapuraMenurut Doralina, peralatan untuk Puskesmas sementara dilengkapi. Hanya saja, pelaksanaannya secara bertahap.

“Kita sesuaikan saja. Kalau pagu dana turun, alokasi dana berapa tetap dilaksanakan. Jangan alasan ada orang mabuk jadi tidak bisa buka dua puluh empat jam. Kalau ada orang mabuk, tolong difoto orang mabuknya dan kasih ke saya,” kata Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, saat memberikan sambutannya dalam peresmian pembukaan pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, Jumat, 23 Januari 2014 lalu.

Menurut Wakikota Benhur, kalau warga sehat, maka secara tidak langsung akan menekan angka tingkat kematian ibu dan anak. (Jubi/Musa)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  WALIKOTA JAYAPURA PERINTAHKAN PUSKESMAS BUKA 24 JAM