KPUD MIMIKA DIMINTA KONSENTRASI PILEG DAN PILPRES 2014

share on:
Ketua KPUD Mimika, Yohanes Kemong (Jubi/Eveerth)
Ketua KPUD Mimika, Yohanes Kemong (Jubi/Eveerth)

Timika, 23/2 (Jubi)  — Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Mimika,  Philipus Wakerkwa meminta agar  sebagai penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika dapat berkonsentrasi terhadap persiapan dan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014. Hal ini disampaikan Philipus Wakerkwa, terkait dengan agenda nasional yang sudah harus dipersiapkan di masing – masing di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“KPUD Mimika jangan ikut terpengaruh dengan sesuatu yang belum pasti. Perhatian pemerintah daerah belum pasti. Pemerintah Provinsi juga belum memastikan putaran kedua di Kabupaten Mimika, sehingga alangkah baiknya KPUD sekarang fokus pada dua agenda nasional,” ujar Ketua PAN Mimika, Philipus Wakerkwa, di Timika, Minggu (23/2).

Menurut Philipus, sebaiknya KPUD mengikuti agenda nasional dan jadwal untuk pemilihan DPRD da Pilpres tahun 2014, sehingga agenda tidak tabrakan.

“KPUD harus mengikuti jadwal sehingga di Mimika tidak bertabrakan dengan agenda Nasional. KPUD juga harus serius bicara terkait Pileg dan Pilpres agar masyarakat tidak bingung dengan agenda-agenda ini,” ungkap Philipus.

Philipus menilai, menjelang pemilu 2014 , Pemerintah Kabupaten Mimika masih berupaya untuk melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati putaran kedua. Sementara agenda Nasional sudah harus dipersiapkan di masing-masing Provinsi dan Kabupaten Kota.

“Sekarang bukan saatnya berbicara soal pemilihan bupati atau walikota, tetapi saatnya fokus pada Pileg dan Piplres 2014.Kami harapkan KPUD Mimika untuk tidak ‘mengejar barang’ yang belum tentu kita lakukan. Sebaiknya, ‘kejar barang’ yang memang sudah seharusbya dilakukan (Pileg dan Pilpres–Red),” kata dia.

Philipus menegaskan, Pileg dan Pilpres merupakan agenda nasional sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, harus diikuti. “Apa pun agenda yang di rencanakan, jangan menghalangi agenda nasional, karena agenda nasional sudah dibatasi dan sudah dijadwalkan dari pusat,”ujarnya.

“Kalau mau lakukan putaran ke dua, KPUD lama harus mempertanggung jawabkan penggunaan dana dengan membuat LPJ agar dana untuk putaran ke dua bisa dicairkan,” tandasnya.

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan pemilukada putaran kedua, pihak KPUD Mimika menggelar pertemuan dengan pemerintah daerah dan DPRD Mimika, Minggu (23/2). Namun, dari pihak DPRD Mimika tidak hadi. Hal itu terkait dengan adanya jawaban Gubernur Papua menyangkut surat Plt. Bupati Mimika, Ausilus You, tentang adanya petunjuk penggunaan anggaran untuk pelaksanaan Pemilukada.

Ketua KPUD Mimika, Yohanes Kemong,menilai belum ada niat baik Pemerintah Daerah bersama DPRD Mimika untuk melaksanakan pemilukada putaran kedua. Meski begitu, pihaknya tetap bekerja sambil menunggu anggaran putaran kedua.

“Masih ada agenda lain yang harus dikerjakan, yakni pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden Indonesia. Namun, sesuai instruksi Presiden dan Menteri Dalam Negeri, kami akan tetap menunggu petunjuk pastinya, sehingga putaran kedua bisa terlaksana,” ujarnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPUD MIMIKA DIMINTA KONSENTRASI PILEG DAN PILPRES 2014