PASCA BANJIR MENDERA KOTA PENERIMA ADIPURA, PDAM RUGI Rp610 JUTA

share on:
Warga di bantu Aparat TNI AD membersihkan sampah banjir dan longsor di APO Tugu (Jubi/Indrayadi TH)
Warga di bantu Aparat TNI AD membersihkan sampah banjir dan longsor di APO Tugu (Jubi/Indrayadi TH)si

Jayapura 24/2 (Jubi) – Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Jayapura mengklaim merugi hingga Rp610-an juta akibat bencana longsor dan banjir yang menerjang kota penerima Adipura 2013 Jayapura pada Sabtu malam (22/2).

Menurut Direktur PDAM Jayapura, Abdul M Petonengan, kerugian itu disebabkan rusaknya dua sumber air PDAM, yakni sumber air di belakang Bank BRI Kloofkamp dan sumber air di Polimak yang tertimbun pasir.

“Sekitar 10 hingga 25 intek (pipa) air juga rusak. Pipa-pipa air di sepanjang Kantor Perhubungan dan APO kemungkinan patah akibat bencana ini,” kata Abdul melalui telepon selulernya, Senin (24/2) malam tadi.

Petonengan mengakui, beberapa lokasi pemukiman warga tidak dapat di aliri air dari PDAM  karena adanya kerusakan setelah musibah longsor dan banjir.

“Kami akan melalukan pengairan darurat dengan cara diperbaiki sementara. Cara pengairan kepada warga juga akan dilakukan secara bergilir. Sementara jika aliran air kembali normal, maka perbaikan dua sumber air akan memakan waktu 1-2 tahun,” ujarnya.

Sementara itu, Imas, Warga APO Kali di Kelurahan Bhayangkara, Distrik Jayapura Utara mengeluhkan soal air bersih akibat bencana alam banjir dan longsor.

“Air bersih tidak ada, terpaksa kami beli. Itu pun hanya untuk keperluan minum dan mandi seadanya,” kata Imas, Senin (24/2).

Hal senada juga dikemukakan Marthen, warga APO Kali lainnya. Dia bersama bersama sejumlah warga lainnya yang rumahnya dimasuki lumpur membuat kesulitan untuk bersihkan lumpur yang mulai mengering.

“Mau bagaimana lagi, saluran air masih mati. Untuk minum dan mandi itu kami beli dari penjual air isi ulang,” kata Marthen, Senin (24/2). (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PASCA BANJIR MENDERA KOTA PENERIMA ADIPURA, PDAM RUGI Rp610 JUTA