PEMILU 2014 MASIH RUMIT BAGI PEMULA

share on:
SIMULASI PENCOBLOSAN DAN PENGHITUNGAN SUARA DI KANTOR WALIKOTA JAYAPURA(JUBI/SINDUNG)
SIMULASI PENCOBLOSAN DAN PENGHITUNGAN SUARA DI KANTOR WALIKOTA JAYAPURA(JUBI/SINDUNG)

Jayapura, 26/2 (Jubi) – Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano menilai pemilu 2014 akan lebih rumit bagi pemilih pemula setempat. Perlu sosialisasi berkelanjutan kepada kalangan muda.

Ini sangat-sangat rumit kepada kalangan pemilih pemula, tempat pencoblosan yang sempit dan pelipatan kembali masih membikin rumit,” ungkap Mano kepada tabloidjubi.com seusai melakukan pencoblosan di TPS Pemkot 06 dalam simulasi pencoblosan dan perhitungan suara yang digelar oleh KPU Provinsi Papua di  aula utama (Main Hall) Kantor Walikota Jayapura, Rabu(26/2) siang tadi.

Menurutnya hal sosialisasi ini bukan hanya peran KPU sepenuhnya, tapi seluruh pihak; parpol dan calegnya masing-masing hendaknya lebih banyak melakukan simulasi kepada masyarakat sehingga tidak ada yang merasa kesulitan terkait kecilnya surat suara, pelipatan surat suara, sempitnya tempat pencoblosan dan tata caranya.

KPU dan Parpol harus proaktif untuk lakukan sosialisasi sehingga nantinya tidak ada yang merasa dirugikan,” tegas Mano

Betty Wanane, anggota KPU Papua dari divisi Tehnik Penyelenggara Pemilu mengemukakan simulasi serupa digelar di tiga tempat berbeda secara serentak.

KPU Kota Jayapura menggelar simulasi untuk PNS, Kabupaten Keerom dengan pemilih kaum marginal, dan Kabupaten Jayapura menggarap pemilih pemula, semua berjalan baik, meski masih diakui ada beberapa kendala,” katanya.

Pihaknya berharap KPU di tingkat kabupaten/kota gencar menggelar simulasi da sosialisasi pemilu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Jayapura, Jeremias Numberi mengatakan pihaknya belum menggelar sosialisasi bagi kalangan pemilih penyandang cacat dikarenakan kesibukan mengurus perlengkapan pemilu.

“Ya, karena banyaknya permasalahan yang banyak diurus, kami akan segera melakukan hal tersebut,” janjinya. (Jubi/sindung)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMILU 2014 MASIH RUMIT BAGI PEMULA