PEMILU LEGISLATIF 2014 DI PAPUA GUNAKAN SISTEM TPS

share on:
Ketua KPU Papua, Adam Arisoy (Jubi/Indrayadi TH)
Ketua KPU Papua, Adam Arisoy (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura 26/2 (Jubi) – Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Papua, Adam Arisoy,  memastikan menggunakan sistem TPS dalam pemungutan suara  Pemilu Legislatif 9 April mendatang. Menurut Adam Arisoy noken tidak digunakan karena belum ada regulasi tentang penggunaan noken untuk Pemilu Legislatif.

“Kami akan berpikir kalau kembali ke pemilihan bupati dan wakil bupati ada keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengakomodasi tentang penggunaan noken di Pegunungan Tengah,” kata Adam, kata Adam disela -sela pengecekan logisti pemilu  bersama Kapolda Papua, Irjen (Pol) Tito Karnavian, Rabu (26/2).

Adam mempertegas komitmen penggunaan oken bisa dilakukan di luar, tetapi penggunaan sistem TPS tetap dilakukan.

“Silahkan komitmen dilakukan di luar, tetapi sistem TPS tetap dilakukan. Misalnya 100 suara dibagi beberapa peserta partai politik sesuai kesepakatan mereka, namun tetap menggunakan system TPS,” tegasnya.

Hal senda juga ditegaskan, Kapolda Papua, Irjen (Pol) Tiito Karnavian. Menurut Kapolda apabila dalam prakteknya ada yang menggunakan sistem noken tergantung kesepakatan antara peserta partai politik di wilayah tersebut. Namun, apabila tidak ada yang sepakat bisa langsung digugat.

“Bisa (memakai sistem noken) kalau ada kesepakatan antara peserta partai Politik, tapi kalau tidak sepakat bisa digugat pada waktu itu,” kata Tito, Rabu (26/2). (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMILU LEGISLATIF 2014 DI PAPUA GUNAKAN SISTEM TPS