LOGISTIK PEMILU DI JAYAWIJAYA HAMPIR LENGKAP

share on:
Logistik Pemilu Legislatif telah berada di gudang KPU Jayawijaya. (Jubi/Islami)
Logistik Pemilu Legislatif telah berada di gudang KPU Jayawijaya. (Jubi/Islami)

Wamena, 2/3 (Jubi) – Logistik Pemilu 9 April 2014 di Kabupaten Jayawijaya hampir lengkap, setelah seluruh logistik pemilu dikirim ke Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya.

“Logistik pemilu yang telah tiba di Wamena. Di antaranya surat suara, bilik suara, dan kotak suara, dan tinta pemilih. Sedangkan logistik yang belum sampai adalah formulir dan berita acara hasil pemilu, baik untuk DPD, DPR RI, DPR Papua maupun DPRD Kabupaten,” kata Kasubag Logistik dan Keungan KPU Jayawijaya, Joy Bukorsyom kepada wartawan ketika melakukan pengecekan logistik di gudang KPU Jayawijaya, Minggu (2/3).

Menurut Joy, surat suara yang telah tiba di Wamena dan telah masuk ke KPU untuk DPD, DPR RI, DPR Papua dan DPRD Kabupaten Jayawijaya sebanyak 854 koli. “Untuk kotak suara yang kami terima sebanyak 117 koli, bilik suara 48 koli , dan tinta pemilu sebanyak 3 koli. Logistik itu akan dipergunakan di 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya,” ujarnya.

Diakui Joy, pengiriman logistik pemilu ini dilakukan sejak tanggal 24 Februari hingga 1 Maret lalu dengan menggunakan armada penerbangan yang dikirim secara bertahap, untuk dipergunakan di 454 TPS sesuai dengan data sementara yang telah masuk ke KPU Jayawijaya.

Dalam pemilu legislatif nanti, menurut data sementara yang telah masuk dalam aplikasi data di KPU pusat ada dua ratus delapan ribu lebih pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di pemilu nanti. “Jadi, untuk kotak suara per TPS disediakan empat kotak sesuai dengan surat suara, dua bilik suara per TPS. Pengiriman ke Wamena sendiri dikawal langsung dari Polda Papua dan juga KPU Provinsi Papua,” tandasnya.

Joy menambahkan, KPU Jayawijaya sampai dengan saat ini masih menunggu logistik lainya tiba di Wamena seperti formulir dan berita acara, setelah lengkap seluruhnya baru didistribusikan ke masing-masing distrik atau TPS.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Adolf Rudy Beay mengatakan, kepolisian siap mengawal seluruh tahapan pelaksanaan pemilu 2014 baik dari pengiriman logistik hingga pada pelaksanaanya, baik di Kabupaten Jayawijaya maupun di kabupaten lainya seperti di Nduga, Mamberamo Tengah dan Yalimo yang masuk dalam wilayah hukum Polres Jayawijaya.

“Untuk pelaksanaan pengamanan pada pemilu 9 April 2014 mendatang personil keamanan yang akan ditempatkan disesuaikan dengan jumlah TPS-TPS yang ada di kabupaten-kabupaten, baik itu Jayawijaya, Nduga, Mamberamo Tengah dan Yalimo,” tandas Adolf. (Jubi/Islami)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LOGISTIK PEMILU DI JAYAWIJAYA HAMPIR LENGKAP