MUSDAT IV LEMASKO DIUNDUR HINGGA 5 MARET

share on:
Kantor Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko)  di Timika (Jubi/Eveerth)
Kantor Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko) di Timika (Jubi/Eveerth)

Timika, 2/3 (Jubi)  —  Musyawarah Adat (Musdat) Keempat Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko) yang sedianya digelar Senin (2/3) kembali ditunda hinga Rabu ( 5/3/2014). Penundaan dilakukan karen ada beberapa peserta yang belum tiba di Timika terkait kondisi cuaca yang buruk.

”Kami sangat berterimah kasih kepada 59 peserta Musdat yang sudah meluangkan waktunya untuk kegiatan ini. Kami juga menghargai partisipasi semua masyarakat Mimika, terutama masyarakat asli pribumi yang telah mendukung Musdat,”kata Direktur Lemasko,  Robertus W. Araupea, SH., di Timika, Minggu (2/3).

Menurut Robertus Musdat Lemasko diikuti 120 peserta yang terdiri dari para tokoh adat, pemuda, masyarakat, serta perwakilan dari anak-anak perintis yang orang tuanya telah berjuang dalam mendirikan dan mengembangkan Lemasko ini. Caretaker Bupati Mimika,  Ausulius You, Spd, M.M, dijadwalkan akan menghadiri acara ini.

Menurutnya, sebelum Musdat digelar, pihak panitia telah membentuk tim untuk melakukan sosialisasi bagi seluruh masyarakat Kamoro yang ada di kabupaten Mimika, sehingga pada waktu pelaksanaan Musdat mereka sudah bisa mengerti dan memahami tujuan dari kegiatan dimaksud untuk memilih dewan adat.

“Kami telah membentuk tim untuk melakukan sosialisai di seluruh masyarakat Kamoro yang ada di Yimika agar mereka dapat mengetahui arti dan tujuan pelaksanaan Musdat, terutama para kepala suku dalam rangka mimilih para Dewan Adat Lemasko pada 2014,” ujarnya.

Robertus mengatakan Musdat diharapkan bisa merumuskan rekomendasi yang bisa jadi bahan masukan untuk Perda Lembaga Adat Kabupaten Mimika.

Sementara itu, salah seorang warga Kamoro, Marthen, berharap proses pemilihan dapat berjalan baik, terutama lancarnya aktivitas musyawarah adat.

“Kami inginkan pemimpin yang nantinya lebih membangun dan dapat memperjuangkan hak–hak adat masyarakat Kamoro,” tandasnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MUSDAT IV LEMASKO DIUNDUR HINGGA 5 MARET