UPAYA ASOSIASI DISTRIK UNTUK BOIKOT PEMILU JAYAWIJAYA SIA-SIA

share on:
Demo penolakan penetepan anggota KPU Jayawijaya di DPRD Jayawijaya. (JUBI/ISLAMI)
Demo penolakan penetepan anggota KPU Jayawijaya di DPRD Jayawijaya. (JUBI/ISLAMI)

Wamena, 2/3 (Jubi) – Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Se- Indonesia (AMPTPI) mepertanyakan komitmen para Kepala Distrik se Jayawijaya yang merencanakan Boikot Pemilu 2014 di Jayawijaya.  

“Informasi yang didapatkan AMPTPI, KPU Kabupaten Jayawijaya telah dilantik dan logistik Pemilu telah ada di Kabupaten Jayawijaya.” kata Ketua AMPTPI DPC Jayawijaya Isak Wetipo, di Wamena (2/3).

Dengan adanya pelantikan KPU dan pengiriman logistrik ke Wamena ini, lanjut Isak, otomatis rencana Boikot Pemilu yang diaspirasikan masyarakat melalui kepala Distrik dipertanyakan. Isak berpandangan sebaiknya masyarakat menerima kenyataan yang ada dan melaksanakan Pemilu 2014 sesuai dengan rencana nasional. Pandangan ini menurutnya agar proses Pemilu di Kabupaten Jayawijaya dapat berjalan dengan lancar aman dan tertib.

Hal senada juga disampaikan Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Jayawijaya (HMJ) Jayapura, Randi Kogoya. Randi mengatakan mengingat waktu pelaksanaan Pemilu yang semakin dekat, ia berpandangan masyarakat Jayawijaya sebaiknya menerima keputusan KPU Provinsi Papua atas pelantikan anggota KPU Jayawijaya yang telah dilakukan.
“Komitmen para Kepala Distrik Jayawijaya merupakan permainan kepentingan tertentu. Karena pelantikan dan pengiriman logistik ke Wamena sudah dilaksanakan  namun tidak ada satupun yang menyampaikan protes atas Kondisi ini. Dengan demikian para Kepala Distrik yang saat itu menyatakan Boikot Pemilu Jayawijaya, tidak dapat diwujudkan.” kata Randi.

Mengenai pengiriman Logistik Pemilu ke KPU Jayawijaya ini,  Kepala Bidang Logistik dan Keuangan KPU Jayawijaya, Reinol Bukorsyom membenarkan logistik Pemilu telah sampai di Wamena sejak tanggal 24 Februari Lalu Hingga tanggal 1 Maret.
“Masing-masing berupa surat suara  sebanyak 854 Koli, bilik suara 48 Koli dan 117 Koli kotak suara serta tinta sidik jari. Semuanya sudak lengkap.    Sementara logistik yang belum sampai di gudang logistik Wamena berupa Formulir dan Berita Acara.” kata Reinol. (Jubi/Roni Hisage)

Editor : Albert Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  UPAYA ASOSIASI DISTRIK UNTUK BOIKOT PEMILU JAYAWIJAYA SIA-SIA