PANWASLU PAPUA AKAN UMUMKAN NAMA CALEG BANDEL

share on:
Ilustrasi Penurunan Baliho Caleg di Kabupaten Paniai. (Jubi/IST)
Ilustrasi Penurunan Baliho Caleg di Kabupaten Paniai. (Jubi/IST)

Jayapura, 4/3 (Jubi) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Papua mewarning para Calon Legislatif (Caleg) bandel yang tetap memasang baliho dan spanduk mereka di tempat yang dilarang.

Anggota Komisioner Panwaslu Papua Bidang Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Fegie Y Wattimena mengatakan, selain menegur dan merekomendasikan kepada Pemda untuk menurunkan spanduk atau baliho para Caleg, Panwaslu setempat juga akan mengumumkan nama para Caleg yang melanggar.

“Ya itu akan kami lakukan dalam waktu dekat ini. Nantinya nama-nama itu dipasang di depan Kantor Panwaslu Papua. Bahkan kami akan mengumumkan di media,” kata Fergi ketika ditemui tabloidjubi.com di depan kantor Panwaslu Papua, Selasa (4/3).

Menurutnya, ini adalah hukuman moral bagi para Caleg. Jika nantinya mereka masih tetap bandel tak mau mengindahkan teguran Panwasu, bisa saja dipidanakan.

“Kalau Caleg tetap melakukan itu, kami juga bisa mempidanakannya. Sudah banyak laporan yang masuk ke kami mengenai pelanggaran pemasangan baliho para Caleg. Baik Caleg kabupaten/kota, provinsi hingga DPR RI,” ujarnya.

Dikatakan, sesuai PKPU No 15 tahun 2013, Panwaslu tak berkewenangan mengeksekusi pelanggaran pemasangan baliho karena itu sudah menjadi kewenangan pemerintah kabupetan/kota.

“Sekarang kan jika ada pelanggaran yang berwenang menindak adalah pemda setempat. Kan yang membuat aturan dimana semestinya baliho, spanduk, dan lainnya itu dipasang adalah pemda. Jika ada pelanggaran, Panwaslu hanya merekomendasikan ke pemda setempat serta KPU,” katanya.

Sebelumnya, Anggota KPU Papua, Musa Sombuk juga menyoroti sejumlah Baliho para Caleg di beberapa tempat yang tak sesuai dengan aturan. Ia mengatakan, masih banyak Caleg yang memasang baliho tidak pada tempatnya.

“Kalau Caleg yang baru mau mencalonkan diri ini saja tidak taat, bagaimana yang incumbent  atau sudah satu dan dua periode. Sebagi Caleg inikah masih memiliki ketokohan di masyarakat. Harusnya hal kecilpun ditaati,” kata Musa Sombuk ketika itu.

Hanya saja kata Musa Sombuk, KPU Papua tak punya wilayah penetapan zona penetapan baliho. Wewenang itu ada di KPU kabuapten/kota. “KPU Provinsi Papua hanya mengawasi saja. Jika ada pelanggaran akan direkomendasikan ke KPU kabupaten/kota,” ujarnya. (Jubi/Arjuna) 

 

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PANWASLU PAPUA AKAN UMUMKAN NAMA CALEG BANDEL