KPUD MIMIKA TETAPKAN JADWAL PILKADA PUTARAN KEDUA

share on:
Ilustrasi Pemilukada (IST)
Ilustrasi Pemilukada (IST)

Timika, 5/3 (Jubi) Setelah tertunda dua kali, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika kembali menetapkan  jadwal pilkada putaran kedua, yakni pada 29 Maret 2014.

Ketua KPUD Mimika Yohanes Kemong mengatakan, sehari sebelumnya dilakukan pleno penetapan sehingga untuk jadwal program dan tahapan pilkada putaran kedua.

Keputusan penetapan jadwal dilakukan seusai pertemuan dengan dua kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Muspida, serta Muspida Plus Kabupaten Mimika di Restoran Royal, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (4/3) malam.

“KPUD Kabupaten Mimika sudah menetapkan jadwal program dan tahapan pilkada putaran kedua. Dengan surat keputusan KPU Kabupaten Mimika nomor 02/Kpts/KPU-MMK/031.434172/2014 tentang penetapan ulang tahapan program dan jadwal pelaksanaan pilkada Kabupaten Mimika putaran kedua tahun 2014,” kata Kemong, saat membacakan SK penetapan kepada wartawan.

Menurut Kemong, keputusana ini diambil dan dilakukan agar agenda nasional, yaitu pemilu legislatif (pileg) pada 9 April 2014 dan pemilu presiden (pilpres) tak sampai terganggu. “Ini agar tak bertabrakan dengan agenda pileg. Jika agenda ini tak jalan, maka dua pasangan calon merasa dirugikan. Mereka bisa memboikot pileg pada 9 April 2014,” katanya.

Kemong berharap semua pihak di Mimika, terutama Penjabat Bupati Mimika, Ausilius You dan kalangan DPRD setempat mendukung keputusan KPUD Mimika. Pasalnya, agenda pilkada putaran kedua di Mimika harus dilaksanakan sebagaimana amanat keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada awal Desember 2013.

Agenda pilkada putaran kedua di Kabupaten Mimika sudah dua kali ditunda akibat ketiadaan anggaran, yaitu pada 25 Januari 2014 dan pada 25 Februari 2014.

Dari pertemuan KPUD Mimika dengan kedua tim bersama sejumlah Muspida di Kabupaten Mimika, semua mendukung pihak penyelenggara dalam hal ini KPUD Mimika dan Panwaslu Kabupaten Mimika dalam menjalankan jadwal program dan tahapan pilkada putaran kedua yang telah ditetapkan KPUD Mimika.

Menurut Kemong, pelaksanaan putaran kedua adalah merupakan hak politik dari kedua pasangan calon, yang mana telah jelas pada putusan MK sebelumnya. “Semua pihak tadi yang hadir mendukung, hanya sekarang ini sisa pemerintah. Itu putusan MK jelas, sehingga kedua pasangan ini bagaimana kalau menuntut hak politik mereka sesuai putusan MK,” katanya.

Selanjutnya, kata Kemong, KPUD Mimika tinggal menunggu anggaran dana dari pemerintah Kabupaten Mimika, untuk menyelenggarakan jadwal program dan tahapan yang telah ditetapkan KPUD Mimika. Dari penetapan itu, pemerintah daerah wajib menindaklanjuti untuk mensukseskan agenda daerah itu.

“Sekarang KPUD Mimika sisa menunggu dana, sekarang pemerintah tinggal menindak lanjuti dan kemudian keluarkan anggaran. Jika ini ditunda lagi, pasti kita akan tahu siapa penghalangnya,” tandas Kemong.

Penjabat Bupati Kabupaten Mimika, Ausilius You saat menyampaikan arahannya mengatakan, selain menyelenggarakan roda pemerintahan di Kabupaten Mimika, salah satu tugas yang harus diselesaikannya adalah memfasilitasi pelaksanaan pilkada putaran kedua.

Dengan demikian, KPUD Mimika akan tetap memfasilitasi pilkada, tetapi menunggu pembahasan anggaran di DPRD ditetapkan. “Sebab, anggaran pilkada putaran kedua telah diakomodir kedalam KUA PPAS untuk dikaji. Kemudian menjadi rancangan APBD dan ditetapkan menjadi APBD Kabupaten Mimika,” kata Kemong. (Jubi/Eveerth)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPUD MIMIKA TETAPKAN JADWAL PILKADA PUTARAN KEDUA