GUBERNUR PAPUA DIHARAPKAN DUKUNG PROGRAM LINTAS SEKTOR BKKBN

share on:
Kepala BKKBN Papua, Nerius Auparai. (Jubi/Arjuna)
Kepala BKKBN Papua, Nerius Auparai. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 6/3 (Jubi) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Papua berharap, Gubernur Papua dapat mengupayakan dukungan koordinasi lintas sektor yang terkait dengan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Kepala BKKBN Papua, Nerius Auparai, mengatakan bahwa  lintas sektor tersebut dapat menjamin terlaksananya dana alokasi khusus untuk peningkatan pengelolan program di lini lapangan bagi kegiatan komunikasi informasi edukasi, penyulahan dan pelayanan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Juga sarana pengelolaan data dan pelaporan petugas penyuluh mobil unit pelanan, serta alat kontrasepsi,  dan balai penyuluhan di setiap kecamatan. Penguatan kelembagaan di daerah sesuai Undang-Undang nomor 52 tahun 2009 yang berkaitan dengan pembentukan BKKBD di kabupaten/kota se Papua,” kata Nerius, usai pembukaan Rapat Kerja Daerah Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga Provinsi Papua, Kamis (6/3).

Sektor lain menurut Nerius adalah upaya pemanfaatan proyeksi penduduk sebagai dasar perencanaan pembangunan kualitas, kuantitas, dan mobilitas penduduk; engelolaan data dan informai keluarga, serta peningkatan kualitas keluarga di seluruh wilayah pemerintahan.

“Melalui Gubernur, kami juga berharap Provinsi Papua berhasil meraih Millenium Develompment Goals (MDGs), isu Sustainable Develompemnt Goals (SDGs), dan seluruh aspek pembangunan hendanya mengacu pada proyeksi penduduk. Kita harus mempertimbangkan masa di mana peluang pemanfaatan bonus demografi secara oprimal harus disadari setiap daerah,” ujarnya.

Sementara Wakil Kepala BBKN Pusat, Abidin Syah Siregar, mengatakan kekuatan sebuah keluarga berawal dari bapak dan ibu. “Ketahanan kita berada di keluarga, karena itu pembangunan keluarga adalah kata kunci yang harus menjadi perhatian dari semua pembangunan nasional. Makanya, wawasan kependudukan yang intinya pembangunan keluarga harus jadi perhatian dari semua sektor,” kata Abidin Siregar. (Jubi/Arjuna)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GUBERNUR PAPUA DIHARAPKAN DUKUNG PROGRAM LINTAS SEKTOR BKKBN