MASSA PALANGI KANTOR BUPATI MIMIKA TUNTUT PILKADA TERLAKSANA

share on:
Pilkada Ilustrasi (www.republika.co.id)
Pilkada Ilustrasi (www.republika.co.id)

Jayapura 5/3 (Jubi) – Ratusan massa memalangi Kantor Bupati Mimika, mereka menuntut agar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 29 Maret mendatang tidak ditunda lagi.

Hasanuddin (27), salah satu warga di Distrik Kuala Kencana, Kota Mimika, yang melihat dari dekat aksi itu, mengatakan sedikitnya ada seratusan orang yang melakukan pelalangan, mereka diduga pendukung dari pasangaN Abdul Muis-Hans Magal (AMAN) dan Eltinus Omaleng-Yohannes Bassang (OMBAS), dua kandidat yang lolos pada putaran pertama.

Mereka meminta Bupati Mimika segera mencari dana agar Pilkada tanggal 29 maret nanti segera terlaksana,” kata Hasanuddin dari ujung telepon selulernya, Rabu (5/3).

Meski begitu, menurutnya aktivitas perkantoran berjalan seperti biasa.Pemalangan itu terjadi sekitar pukul 07.30 hingga 16.00 waktu Papua, massa membuang timbunan di depan kantor Bupati.

Keterangan berbeda didapat dari Ambrosius Lamera, Komisioner KPU Mimika Divisi Teknik, yang mengaku berada di lokasi kejadian.

Aktivitas pemerintahan lumpuh, karena kantor bupati sudah dipalang masyarakat,” begitu katanya  via telepon seluler.

Dikatakan Ambrosius, pihaknya sudah menentukan bahwa tanggal 29 maret mendatang proses pemilihan harus dilaksanakan.

Jika lewat dari tanggal itu, akan bertabrakan dengan agenda-agenda pileg,” kata dia.

Sayangnya aksi pemalangan itu, tidak dapat dikonfirmasi pada pihak Pemda setempat, pelaksana tugas bupati Mimika, Ausilius You, yang dikontak via telepon seluler tidak berhasil terhubung.

Terkait jadwal pilkada KPUD Mimika, Musa Sombuk, Komisioner KPU Papua bidang sosialisasi mengatakan pilkada Mimika sudah yang ke tiga kali ditunda.

Penetapannya kalau tidak salah tanggal 28 atau 29 maret besok, Satu hal yang menjadi indikator di lapangan itu adalah dananya belum ada sampai hari ini,” kata Musa yang sebelumnya ditemui di ruang kerjanya, Rabu siang (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MASSA   PALANGI KANTOR BUPATI MIMIKA TUNTUT PILKADA TERLAKSANA