PILKADA MIMIKA PUTARAN KEDUA KEMBALI TERANCAM BATAL

share on:
Proses Pemungutan Suara Pilkada Mimika Putara Pertama. (Jubi/Eveerth)
Proses Pemungutan Suara Pilkada Mimika Putara Pertama. (Jubi/Eveerth)

Jayapura, 11/3 (Jubi) – Pelaksanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran kedua Kabupaten Mimika, Papua yang dijadwalkan dilangsungkan, 29 Maret mendatang kembali terancam batal digelar.

Ketua KPUD Mimika, Yohanes Kemong mengatakan, pihaknya sebenarnya ingin Pilkada setempat dilaksanakan sesuai jadwal, namun hingga kini belum ada kejelasan anggaran pelaksanaan.

Kalau kembali batal, itu berarti sudah tiga kali Pilkada putaran kedua gagal dilasanakan. Jadwal sebelumnya kan, 25 Januari dan 22 Februari tapi batal dilangsungkan,” kata Yohanes Kemong, Selasa (11/3).

Menurutnya, bagaimana mungkin KPUD setempat melakukan tender logistik jika anggaran belum jelas. Jika saja dana sudah ada, tahapan Pilkada putaran kedua pasti akan segera dieksekusi.

Dalam rapat Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), tidak ada kesepakatan untuk menunda Pilkada. KPU tidak mempunyai dasar membatalkannya, karena sesuai amanat UU, Pemilukada dapat dibatalkan jika terjadi gangguan keamanan atau bencana alam,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, jika Pemilukada putaran kedua di Mimika gagal dilaksanakan, 29 Maret mendatang, maka yang seharusnya bertanggungjawab adalah pemerintah daerah setempat.

Kami khawatir, jika Pilkada tidak sesuai jadwal, akan terjadi kekacauan di sana. Apalagi Mahkamah Konstitusi telah memutuskan Pilkada dua putaran dengan diikuti dua kandidat. Selain itu jika Pilkada tak dilaksanakan, bisa menggangu agenda Pemilihan Legislatif,” katanya.

Sebelumnya, pelaksana tugas Bupati Mimika, Ausilius You mengatakan, pelaksanaan Pilkada di wilayah itu ditaksir akan menelan dana sebesar 28,5 miliar rupiah. Dana tersebut antara lain untuk pengamanan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta KPUD setempat.

Rinciannya, KPUD mengusulkan dana Rp. 23 miliar, keamanan Rp. 4 miliar dan Bawaslu Rp. 1,5 miliar. Totalnya Rp. 28 miliar. APBD Mimika tahun ini Rp. 1,6 triliun,” kata Ausilius You, akhir Februari lalu.

Menurut Ausilius You, jika semua berjalan sesuai rencana, Pilkada Mimika sudah bisa dilangsungkan pertengahan Maret.

Ya Pilkada Mimika bisa saja dilangsungkan sebelum Pemilihan Legislatif, 9 April mendatang. Namun bisa juga setelahnya. Yang pasti harus dilaksanakan tahun ini,” ujarnya. (Jubi/Arjuna) 

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PILKADA MIMIKA PUTARAN KEDUA  KEMBALI  TERANCAM BATAL