PULUHAN KONI PROVINSI DUKUNG PAPUA TUAN RUMAH PON 2020

share on:
Penyerahan Dokumen Pendaftaran Papua Sebagai Tuan Rumah PON 2020.(Jubi/Alex)
Penyerahan Dokumen Pendaftaran Papua Sebagai Tuan Rumah PON 2020.(Jubi/Alex)

Timika, 11/3 (Jubi)  —  Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Provinsi Papua Yusuf Yambeyabdi mengatakan, Papua kini telah mendapatkan dukungan tertulis dari 23 Pengurus KONI Provinsi dan 23 cabang olahraga untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020.

“Prinsipnya Provinsi Papua telah siap menjadi tuan rumah PON 2020 setelah dukungan terulis sebanyak 23 dan dari 22 cabang olahraga yang ada, sehingga akan menjadi target masuk dalam tiga besar,” kata Yusuf Yambeyabdi, kepada tabloidjubi.com,  lewat telepon, Selasa (11/3).

Sebelumnya dalam wawancara di Jakarta, Yusuf Yambeyabdi di sela-sela rapat KONI se-Indonesia di Jakarta, Senin, mengatakan, KONI dan cabang yang siap mendukung Papua sebagai tuan rumah sudah 40-an sehingga Papua dipastikan masuk tiga besar dalam bursa pencalonan.

Ditegaskan, pihaknya memastikan akan masuk dalam tiga besar, sebab saat ini KONI dan cabang yang siap mendukung Papua sebagai tuan rumah. Sebab itu, Yusuf mengajak masyarakat mendoakan dan  mendukung Papua menjadi tuan rumah pada PON 2020.

Yusuf mengaku dalam rapat kerja KONI se-Indonesia yang berlangsung di Jakarta, pihaknya akan terus menyakinkan kesiapan Papua sebagai tuan rumah.

“Jika nantinya Papua menjadi tuan rumah maka pelaksanaan pertandingan PON akan dilaksanakan di beberapa kota selain Jayapura yakni Merauke, Biak, Timika dan Wamena,” ungkapnya.

“Tidak ada masalah angkutan ke kawasan itu karena kami juga juga melakukan pertemuan dengan para operator penerbangan,” katanya.

Yusuf yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Papua, menambahkan untuk pengumuman calon-calon tuan rumah PON 2020 akan diumumkan pada hari ini,  Selasa (11/3) malam .

Selain Papua, beberapa provinsi lainnya juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah, seperti Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bali dan Sulawesi Selatan.

Sebelumnya KONI Pusat menyatakan enam calon tuan rumah PON XX 2020 akan mempresentasikan kesiapannya dihadapan peserta rapat tahunan KONI di Jakarta, 10-11 Maret 2014. Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen Purnawirawan Suwarno, menuturkan, bahwa  enam calon tuan rumah PON 2020 masing-masing Sulsel, Papua, Aceh, Sumut, Bali, dan Jateng akan memberikan presentasi secara bergantian, kurang lebih 15 menit. (Jubi/Eveerth)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PULUHAN KONI PROVINSI DUKUNG PAPUA TUAN RUMAH PON 2020