VOLI PUTRA INDOOR KABUPATEN JAYAPURA MENANG TIPIS ATAS YAPEN

share on:
Pemain tim Yapen (kostum merah) melihat sedang mengamati stategi Kabupaten Jayapura (Jubi/Indrayadi TH)
Pemain tim Yapen (kostum merah) melihat sedang mengamati stategi Kabupaten Jayapura (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura 11/3 (Jubi) – Tim Voli Indoor Putra Kepulauan Yapen kehabisan stamina saat meladeni Putra Kabupaten Jayapura dalam babak penyisihan pool pada kejuaraan voli memperebutkan Piala Gubernur Provinsi Papua di GOR Cenderawasih, Selasa (11/3).

Tim Yapen ini harus puas menerima kekalahan tipis 1:2 (25:27, 25:23, 10:15). Pada set  pertama, persaingan perolehan berlangsung seru.  Ratusan penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut terpukau dengan permainan yang disuguhkan kedua tim.

Skor di layar digital menunjukan 10:10, pemain Kabupaten Jayapura yang berpostur tinggi harus jatuh bangun menepis serangan-serangan dari tim Yapen. Hingga pertengahan pertandingan Kabupaten Jayapura yang terlihat fit dalam pertandingan kali ini, skor pun naik 24:20.

Tim asuhan Yansen Kaize, Kabupaten Yapen tidak patah arang menghadapi gempuran Kabupaten Jayapura. Mereka berhasil bangkit memperkecil skor 25:24. Permainan menjadi memanas seiring skor imbang 25:25. Pertandingan di set pertama dengan skor yang sama itu pun terus berlangsung karena Deuce (jus) atau harus selisih dua poin.

Serangan demi serangan dari pemain Kabupaten Jayapura terus menghantam pertahanan Yapen hingga menambah 2 poin dan mengantarkan Putra Kabupaten Jayapura memenangi set pertama dengan poin 25:27.

Pada set kedua, pertandingan semakin seru. Tim Kabupaten Jayapura yang merasa telah di atas angin dengan memegang poin 1 pada set pertama, dibombardir serangan tim Yapen sehingga tim Kabupaten pun harus mengakui keunggulan tim Yapen dengan skor set kedua 25:23. Kedudukan imbang 1-1 membuat pertandingan set ketiga semakin seru. Namun, perlawanan Kabupaten Yapen yang pernah mempermalukan Jayapura Kota harus terhenti di set ketiga setelah Kabupaten Jayapura menang dengan 15-10 pada set tambahan.

Dalam komposisi pemain, Kabupaten Jayapura memang diunggulkan dalam segi postur dan tinggi badan. Namun, tinggi badan tak menjadi ancaman bagi Putra Yapen yang gigih menangkis serangan lawan, sambil melakukan serangan balik yang mematikan.

Pelatih Kabupaten Jayapura, Roby Suebu, usai pertandingan memberikan apresiasi kepada anak asuhnya salut atas kemenangan yang diraih atas Kabupaten Yapen.

“Pertandingan kali ini yang kami rasa adalah pertandingan yang berat. Tim kami sempat kerepotan meladeni mereka. Saya salut atas apa yang telah dilakukan anak-anak Yapen, karena secara umum mereka telah siap dengan kejuaraan ini,” kata Roby, Selasa (11/3).

Tim Kabupaten Jayapura datang di kejuaraan ini, kata Roby, untuk membawa kemenangan. “Tujuan utama kami adalah datang untuk menang, Kami tidak mau seperti tahun lalu pada Kapolda Cup kandas di Delapan besar, Tahun ini kami harus menang,” kata Roby.

Sementara itu, Yansen Kaize, pelatih Tim Voli putra Kabupaten Yapen kepada media ini mengungkapkan bahwa dirinya merasa kecewa atas perubahan jadwal dari Panitia Pelaksana Kejuaraan Piala Gubernur Papua.

“Harusnya kami main jam 3 sore (15.00 waktu papua), kenapa malah dimajukan jadi pertandingan pertama kategory putra,” kata Yansen kesal, sambil melihat anak asuhnya.

Yansen juga menuturkan jika kekalahan yang diterima timnya hari ini juga pengaruh dari faktor cuaca. “Stamina anak-anak menurun karena cuaca tadi sempat hujan, tapi saya sangat bangga dengan usaha keras anak-anak hingga ditahan dengan kekalahan tipis dan mengakui tim Kabupaten Jayapura banyak pemain pengganti sedangkan kami hanya dua orang,” kata Yansen.

Perubahan Jadwal

Menurut  Yansen perubahan jadwal yang dilakukan panitia penyelenggara kejuaraan bola voli Piala Gubernur Papua. Yansen  mengaku timnya masih beruntung bisa bertanding. Sebelumnya, anak asuhnya terancam tidak bertanding dan terancam kalah Walk Out (WO) karena pemberitahuan perubahan jadwal pertandingan yang mendadak.

Ketua Harian PBVSI Papua, Halim Pagarra, saat dikonfirmasi terkait keluhan dari salah satu peserta kejuaraan bola voli yang di selenggarakan di GOR Cenderawasih mengaku bahwa perubahan jadwal yang dilakukan panitia telah disetujui dengan peserta lainnya.

“Jadwal kami itu dari pagi jam 9 pagi. Karena penonton kurang sehingga kami undur menjadi pukul 10 pagi sampai sore. Kalau pergeseran waktu itu kan tergantung kesepakatan saja, daripada mereka menunggu lama,” tegas Halim, Senin (11/3) malam tadi.

Soal pemberitahuan mendadak kepada peserta, Halim mengatakan bahwa pihaknya telah memanggil manager terkait perubahan jadwal tersebut. “Tim peserta diberi jadwal baru, karena pada 13 hingga 15 Maret mendatang Gedung GOR akan digunakan oleh pengurus lain,”

Adanya perubahan penggunaan gedung tersebut, lanjut Halim, tidak mengganggu jadwal yang telah direncanakan panitia penyelenggara kejuaraan bola voli Piala Gubernur Papua. “Jadwal tetap dan tanggal 20 penutupan, Memang kami sudah antisipasi hal tersebut,” kata Halim. (Jubi/Indrayadi TH).

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  VOLI PUTRA INDOOR KABUPATEN JAYAPURA MENANG TIPIS ATAS YAPEN