PARA PEMIMPIN PARPOL SEPAKAT BERKAMPANYE DENGAN DAMAI

share on:
Penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh para ketua partai politik di Kabupaten Jayawijaya. (Jubi/Islami)
Penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh para ketua partai politik di Kabupaten Jayawijaya. (Jubi/Islami)

Wamena, 16/3 (Jubi) – Sebanyak 12 pemimpin partai politik peserta Pemilu 2014  sepakatbersama-sama melaksanakan kampanye damai yang akan dimulai sejak Minggu (16/3). Kesepakatan menggelar kampanye damai itu diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Pakta Kampanye Damai, di Gedung Ukumiarek Asso, Wamena, Sabtu (15/3).

Disaksikan Ketua KPU Jayawijaya, Adi Wetipo, Ketua Panwaslu Jayawijaya, Laurens Lagoan, Sekda Kabupaten

Jayawijaya, Yohanes Walilo mewakili Bupati Jayawijaya dan para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jayawijaya, para ketua-ketua partai politik secara bergantian melakukan penandatanganan Pakta Kampanye Damai.

Usai menandatangangi Pakta Kampanye Damai, para ketua partai politik di Jayawijaya, Forkopimda Jayawijaya, pengurus dan anggota partai, serta dan penyelenggaran Pemilu melakukan pawai bersama keliling Kota Wamena.

Ketua KPUD Jayawijaya, Adi Wetipo, mengatakan setelah dilakukan deklarasi kampanye damai ini dimulailah kampanye bagi para caleg-caleg dan partai politik kurang lebih dua minggu lebih ke depan.

“Sesuai jadwal, kampnye akan berakhir tanggal 5 April dan tanggal 6-8 merupakan masa tenang dan 9 April hari pencoblosan,” ungkap Ketua KPU Jayawijaya.

Dijelaskan, enam poin kesepakatan yang teah dibaca bersama dalam deklarasi bersama, harus dijalkan bersama. Yakni, pertama, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. Kedua, menghormati perbedaan antarpeserta Pemilu. Ketiga, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kabupaten Jayawijaya.

Keempat, bersedia melaksanakan kampanye dengan santun dan beradab. Kelima, menghormati penegakan hukum yang dilakukan penyelenggara dan pengawas Pemilu. Keenam, menaaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami harapkan agar apa yang menjadi kesepakatan bersama dapat dijaga oleh para partai politik, menjadikan pemilu yang aman dan damai,” tegas Adi Wetipo.

Sementara itu, Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo selaku pemerintah daerah, mengharapkan dengan adanya deklarasi kampanye damai itu seluruh partai politik dapat mematuhi seluruh ketentuan-ketentuan yang berlaku sesuai dengan Undang-Undang Pemilu dan ketentuan lainya yang ditetapkan.

“Para partai politik juga selama kampanye ini selalu bekoordinasi dengan KPU Jayawijaya. Dengan deklarasi bersama ini, harapan kami dapat bermain dengan fair selama kampanye dan memberikan pemahaman politik kepada masyarakat secara baik,” kata Walilo.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Adolf Beay, S.E., mengatakan selama masa kampanye ini sepertiga dari kekuatan yang dimiliki Polres Jayawijaya akan diturunkan guna pengamanan selama masa kampanye.

“Semua yang terkait kegiatan Pemilu 2014 ini mulai dari tahapan hingga pemilihan, polisi tetap melakukan pengamanan yang ketat sehingga terciptanya situasi keamanan yang kondusif,” tegas Kapolres Adolf Beay. (Jubi/Islami)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PARA PEMIMPIN PARPOL SEPAKAT BERKAMPANYE DENGAN DAMAI