RAIH 17 EMAS, ATLET KARATE KOTA JAYAPURA BOYONG PIALA GUBERNUR

share on:
Kelas Kumite dalam Kejuaraan Karate perebutkan Piala Gubernur Papua (Jubi/Indrayadi TH)
Kelas Kumite dalam Kejuaraan Karate perebutkan Piala Gubernur Papua (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura 16/3 (Jubi) – Kontingen FORKI (Federasi Olahraga Karate Indonesia) Kota Jayapura meraih posisi teratas dengan memboyong 17 emas, 12 perak, dan 14 perunggu pada Kejuaraan Karate Daerah Piala Gubernur Papua, di Gedung Olah Raga (GOR) Cenderawasih, Jayapura, Sabtu kemarin (15/3).

Dengan perolehan medali total 43 keping, tim Forki Kota Jayapura berhak memboyong Piala Bergilir Gubernur Provinsi Papua.  Peringkat kedua ditempati Kabupaten Jayapura dengan perolehan medali 8 emas 13 perak dan 18 perunggu, dan peringkat ketiga Kabupaten Puncak Jaya.

Dari 386 karateka mewakili 15 tim Forki Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Puncak Jaya, Nabire, Mimika, Merauke, Intan Jaya, Keerom, Lani Jaya, Paniai, Sarmi, Mappi, Jayawijaya, Dogiyai dan Yapen.

Kejuaraan tersebut berlangsung selama 3 hari (13-15/3), Kota Jayapura yang menurunkan sebanyak 69 atlet berhasil menyelesaiakan 48 kelas masing-masing kelas kata dan kumite perorangan kategori usia dini (8-9 tahun), prapemula (10-11 tahun), pemula (12-13 tahun), kadet (14-15 tahun), junior (16-17 tahun),  dan senior (di atas 18 tahun).

Kejuaran yang berlangsung tiga hari tersebut di tutup secara resmi Ketua harian KONI Papua Klemens Tinal, dihadiri 3 anggota dewan perwasitan pengurus besar Federasi olahraga karate-do indonesia (PB FORKI).

Klemens Tinal mengaku bangga dengan kejuaraan yang dilaksanakan Forki Provinsi Papua. Kegiatan tersebut, menurut Klemens  untuk mencari bibit atlit karate dan bisa membina atlet yang mampu bersaing dengan karateka luar Papua.

“Saat ini Papua terpilih sebagai tuan rumah PON 2020. Diharapkan pada PON nanti 19 emas bisa di sabet dari cabang olahraga karate. Pembinaan sejak dini terus dilakukan agar pencapaian pada pon mendatang forki papua bisa menyumbang 19 medali emas,” kata Ketua Koni Papua, Sabtu (15/3).

Selain atlet, kata Klemens, pembinaan para wasit juri forki terus dilakukan agar wasit juri yang berasal dari papua bisa bertambah. “Agar memiliki sertifikasi wasit juri tingkat nasional maupun internasional,” tambah Klemens.

Ketua Harian Forki Kota Jayapura, Jhon Sanggenafa yang juga manajer tim Forki Jayapura, mengatakan kemenangan yang diraih ateitnya sebagai juara umum karena berkat kerja keras dojo-dojo yang berada di Kota Jayapura.

“Pembinaan sejak dini perlu diseriusi oleh pemerintah dan semua pihak. Kemenangan ini juga adalah kerja keras para atlet di dojo masing-masing sehingga pembinaan perlu dilakukan, seperti fasilitas dan kesejahteraan kepada seluru dojo yang ada di Kota Portnumbay ini,” kata Jhon usai menerimah piala bergilir Gubernur Papua, Sabtu (15/3).(Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  RAIH 17 EMAS, ATLET KARATE KOTA JAYAPURA BOYONG PIALA GUBERNUR