KEPALA DAERAH JADI JURKAM, KPU BELUM TERIMA SURAT CUTI

share on:
Katua KPU Papua, Adam Arisoy. (Jubi/Arjuna)
Katua KPU Papua, Adam Arisoy. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 19/3 (Jubi) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua mengaku hingga kini belum menerima salinan surat cuti para kepala daerah yang terlibat jadi Juru Kampanye (Jurkam) pada masa kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) kini.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy mengatakan, belum ada salinan surat cuti dari sejumlah kepala daerah, termasuk Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal yang diterima pihaknya.

Sampai sekarang belum satupun salinan surat cuti kepala daerah di Papua termasuk gubernur dan wakil gubernur yang ada di meja saya,” kata Adam, Rabu (19/3).

Karena itu pihaknya mengimbau agar para kepala daerah, mengantongi ijin sebelum ikut berkampanye.

Harus ada ijin sebelum menjadi jurkam. Salinan surat cuti itu harus ditunjukkan ke KPU. Aturan mainnya kan begitu,” ujarnya.

Dimasa kampanye ini, sejumlah kepala daerah di Papua termasuk Gubenur dan Wakil Gubernur Papua dikabarkan akan menjadi Jurkam di beberapa tempat.

Sehari sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe yang juga Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Papua, mengaku mendapat cuti lima hari untuk menjadi Jurkam di beberapa kabupaten.

Surat cuti saya sudah keluar. Saya hanya mendapat cuti lima hari. Tiga hari adalah hari kerja, sisanya adalah Sabtu dan Minggu,” kata Lukas, Selasa (18/3) kemarin.

Menurutnya, ia hanya akan berkampanye di wilayah pesisir, karena jika di Pegunungan Tengah Papua transportasi ke sana sulit.

Saya hanya akan ke beberapa kabupaten di pesisir. Di antaranya, Kabupaten Supiori, Kota Jayapura, Yapen dan juga Mamberamo Raya,” ujarnya.

Namun dari 29 kabupaten/kota di Papua kata Lukas, baru satu kepala daerah yang surat cutinya sudah keluar yakni Bupati Nabire, Isias Douw. Hal itu karena yang bersangkutan telah mengajukan ijin cuti sejak dua bulan lalu.

Padahal banyak bupati mengaku telah menyerahkan berkas surat cuti. Tapi sampai sekarang belum saya terima,” katanya.(Jubi/Arjuna)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KEPALA DAERAH JADI JURKAM, KPU BELUM TERIMA SURAT CUTI