HUMAS POLDA BANTAH ZADRAK DILEMPARI BATU

share on:
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono (Jubi/Indrayadi TH)
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura 24/3 (Jubi) – Polisi membantah adanya pelemparan batu terhadap salah satu anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua di Intan Jaya. 

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes (Pol) Sulistyo Pudjo Hartono menjelaskan bahwa bahwa permasalahan yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya adalah permasalahan lama yakni perubahan Ketua KPUD sehingga mengakibatkan ketua PPD banyak yang di ganti.

“Nah, dalam struktur baru ada Empat ketua PPD yang diganti jadi anggota. Ini yang buat mereka tidak puas,” kata Pudjo, Senin (24/3).

Lanjut Pudjo, yang terjadi kemarin adalah saling melempar antar pendukung anggota lama dan baru. Tetapi sudah difasilitasi dan ini tidak ada hubungannya dengan Komisioner KPU Papua, Zadrak Nawipa.

“Anggota KPU Papua itu datang hendak melihat KPUD Intan Jaya hingga tingkat PPS, apakah siap dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif atau tidak,” kata Pudjo.

Namun, dirinya mengakui ada permasalahan internal di KPU Intan Jaya yang mengakibatkan adanya palang-memalang kantor KPU Intan Jaya.

“Berujung lempar-melempar, tetapi sudah diselesaikan sore itu juga langsung oleh Bapak Bupati Intan Jaya, Wakapolres Paniai, Danramil kemudian DPRD juga ikut membantu,” ujar Pudjo.

Sebelumnya, Rombongan KPU Provinsi Papua di lempari batu oleh sekelompok warga saat turun dari pesawat di bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat (21/3) siang tadi. Hingga kini rombongan tersebut menginap di Mapolsek Sugapa.

Dari data yang di himpun tabloidjubi.com Kejadian bermula sekitar pukul 12.00 Waktu Papua, saat rombongan KPU Papua tiba di bandara bersama beberapa anggota DPRD Intan Jaya dengan menggunakan pesawat. Secara tiba-tiba rombongan diserang sekelompok warga. Beruntung aparat kepolisian yang dipimpin langsung Wakapolres Paniai, Kompol Hanafiah segera mengevakuasi rombongan KPU Papua ke Mapolsek Sugapa.

Kapolres Paniai, AKBP Semmy Ronny TH Abaa membenarkan kejadian tersebut,. Untuk mengantisipasi dampak yang meluas, pihaknya akan mengirim 15 personil Brimob dari Enarotali, Paniai untuk memperkuat anggota di Intan Jaya yang sebelumnya terdapat satu pleton. (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  HUMAS POLDA BANTAH ZADRAK DILEMPARI BATU