PENCURI AIR PDAM DIANCAM HUKUMAN 5 TAHUN PENJARA

share on:
Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Alfred Papare (Jubi/Indrayadi TH)
Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Alfred Papare (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura 24/3 (Jubi) – Ini peringatan bagi warga dan instansi yang selama ini mencuri air milik PDAM. Kepolisian akan bertindak tegas dengan menindak warga maupun instansi yang mencuri air PDAM melalui instaslasi pipa air minum. Polisi memakai Pasal 363 KUHP untuk menjeratpara pencuri air PDAM.

“Kami akan mengacu pada aturan Peraturan Daerah (Perda).Kalau nanti Perda sangat ringan, maka kami akan bisa menjerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman paling lama maksimal 5 tahun penjara,” kata Kapolres Jayapura Kota, AKBP Alfred Papare usai pendatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dengan PDAM Jayapura di Aula Kantor PDAM Entrop, Senin (24/3).

Dengan adanya kerjasama Polres Jayapura Kota dan PDAM ini,  pihaknya bersama PDAM akan melakukan langkah-langkah pengamanan instalasi dan penertiban secara serius, Karena dari data yang diperoleh sekitar 52 persen PDAM rugi dan harus ditertibkan.

“PDAM sudah membuat regu untuk melakukan pengawasan dan pengecekan siapa-siapa yang melakukan pencurian debit air melalui Pipa PDAM, sementara pihak kepolisian memback-Up PDAM untuk melakukan penindakan,” ujar Alfred.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, memberikan apresiasi atas upaya penertiban yang dilakukan PDAM bersama Polres Jayapura Kota, terutama menertibkan warga yang mengambil air secara liar.

“Penyambungan liar yang dilakukan oleh masyarakat ini telah menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi PDAM Jayapura setiap tahunnya hingga mengakibatkan air bersih di konsumen menjadi terganggu karena debit air menjadi berkurang, bahkan air sering tidak mengalir,” kata Benhur, Senin (24/3).

PDAM Jayapura tidak mempunyai kapasitas untuk bertindak secara hukum, lanjut Benhur, oknum masyarakat yang secara terang-terangan melakukan pencurian air dan pengrusakan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh PDAM Jayapura.

“Saya berharap MoU ini PDAM Jayapura menjadi  PDAM yang dapat terus berkembang sebagai  entitas bisnis yang semakin solid dan makin professional,” ujar Benhur. (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Oyos Saroso HN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PENCURI AIR PDAM DIANCAM HUKUMAN 5 TAHUN PENJARA