SEBANYAK 1.777 SISWA SMA/SMK DI MIMIKA IKUT US

share on:
Ilustrasi Ujian Nasional tingkat SMA beberapa waktu lalu  (Jubi/sindung)
Ilustrasi Ujian Nasional tingkat SMA beberapa waktu lalu (Jubi/sindung)

Timika, 24/3 (Jubi) – Kepala Dinas Pendidikan Menengah (Dispenmen) Kabupaten Mimika, Bartolomeus Kunong membuka secara resmi pelaksanaan ujian sekolah (US) tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Mimika.

“US ini diikuti sebanyak 1.777 siswa/siswi yang pembukaannya akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu untuk SMA bertempat di SMAN 1 Mimika dan SMK bertempat di SMKN 1 Kuala Kencana Timika. Kami harapkan kegiatan ini dapat berjalan aman, dimana siswa dapat mengerjakan soal – soal dengan baik,” ujar Bartolomeus di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (24/3).

Ketua Panitia US SMA dan SMK, Dinas Pendidikan Menengah, Nius Wenda, mengatakan, US akan dilaksanakan selama seminggu.

Sementara untuk pendistribusian soal, khususnya sekolah yang berada di pinggiran dan dalam kota, akan dilakukan oleh petugas Dispenmen yang telah ditugaskan untuk mendistribusikan soal US ke sekolah-sekolah.

“Untuk sekolah pedalaman, karena cuman satu sekolah, yaitu SMA N 3 di Kokonao, maka pendistibusian dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan US,” kata Nius.

Pembukaan soal dilakukan di dua tempat, menurut Nius, mengingat tingkat menengah ada SMA dan SMK. “Sehingga untuk SMA berpusat di SMAN 1, sementara SMK berpusat di SMKN 1 Kuala Kencana Timika,” jelasnya.

Nius menambahkan, masalah dana yang dikuatirkan sejak awal tidak menjadi persoalan utama karena sekolah maupun panitia telah sepakat untuk tetap melaksanakan ujian meskipun terbelit dengan dana.

Ia berharap, mekipun belum ada dana, ujian tetap berjalan, semua siswa mengikuti US juga diharapkan mendapatkan nilai yang baik.

“Karena ini ujian tingkat sekolah dan internal kabupaten, maka pembukaan akan dilakukan oleh orang dinas. Tetapi kalau ujian nasional (UN) nantinya akan libatkan pejabat bupati atau asisten Pemda,” katanya.

“Kami tidak mau korbankan siswa dalam ujian, sehingga bagi siswa yang  nantinya tidak mengikuti Ujian Sekolah akan diakomodir untuk mengikuti ujian susulan,” tambah Nius.

Peserta ujian tingkat SMA dan SMK Se-Kabupaten  Mimika berjumlah 1.777 orang. Khusus SMA 801 orang dengan rincian laki-laki 369, perempuan 432. Tingkat SMK 976 orang dengan rincian Laki-laki 597 dan perempuan 379 orang.

Dari jumlah 1.777 siswa yang mengikuti US ini akan tersebar di 6 Sub Rayon dan 7 sekolah pelaksana tanpa ada gabungan dari sekolah lain. Untuk SMA ada 6 Sub Rayon yaitu, Sub Rayon 1 sekolah pelaksana SMAN 1, sekolah yang bergabung SMA Taruna.

Sub rayon 2 sekolah pelaksana SMAN 2, sekolah yang berganung SMAN 4, SMAN 5 Sentra Pendidikan dan SMA YPPGI. Sub rayon 3 sekolah pelaksana SMAN 3 Kokonao. Sementara sekolah yang melaksanakan ujian sendiri adalah SMA Advent, SMA Tigaraja dan DDI.

Sementara untuk SMK ada 7 sub rayon yaitu, Sub rayon 1 sekolah pelaksana SMKN 1, sekolah yang bergabung SMK Pertambangan Hermon dan SMK Penerbangan. Sub rayon 2 sekolah pelaksana SMKN 2, sekolah yang bergabung SMK Pelayaran.

Sub rayon 3  sekolah pelaksana SMK Petra sekolah yang bergabung SMK Farmasi dan SMK Filadelfia. Sementara itu Sekolah pelaksana sendiri adalah  SMKN 3 Kesehatan, SMK Yapis, SMK Tunas Bangsa dan SMK harapan.  (Jubi/Eveerth)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SEBANYAK 1.777 SISWA SMA/SMK DI MIMIKA IKUT US