66 PERSONIL BRIMOB SIAP AMANKAN PEMILU DI TIGA KABUPATEN

share on:
Topi Polri
Topi Polri

Jayapura, 28/3 (Jubi) – Sebanyak 66 personil Brimob (Brigade Mobile) Detasemen A Polda Papua, Kotaraja, Kota Jayapura siap mengamankan Pemilu Legislatif (Pileg) pada tiga Kabupaten dalam wilayah Polres Paniai.

“Di Paniai, memang sebelum Pemilu sudah ada Brimob dari Detasemen A Kotaraja, Kota Jayapura berjumlah 31 personil, di Waghete, Kabupaten Deiyai 20 dan di Intan Jaya 15 personil,” kata Kapolres Paniai, Ajun Komisaris Besar (Pol) Semmy Ronny TH Abaa lewat telepon seluler kepada tabloidjubi.com, Jumat (28/3).

Para personil ini, kata Ronny, telah ada sebelum proses Pemilu berlangsung dan nantinya diperuntukan mengamankan Pemilu.

66 personil tersebut, secara rutin bergantian. Sebelumnya, Brimob Dentasemen C Sorong berjumlah 15 personil BKO di Intan Jaya. Tapi sudah digeser dan diganti oleh 15 personil Brimob Dentasemen A,” ujar ronny.

Ronny mengaku aparat keamanan Brimob di Paniai bukan Brimob dari Mabes Polri melainkan Brimob dari Kota Jayapura. “Brimob di Paniai dari Detasemen A Kotaraja, Kota Jayapura,” tegas Ronny.

Ronny mengklaim tidak ada pengajuan dari Polres Paniai soal penambahan kekuatan Brimob di wilayah hukum Polres Paniai yang membawahi tiga kabupaten. “Tidak ada pengajuan,” tutupnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar (Pol) Sulistyo Pudjo Hartono, mengaku 12 Polres di Papua dan Papua Barat telah mengajukan permintaan personel Brimob Detasemen A Kotaraja, Kota Jayapura guna pengamanan Pileg 2014.

Sebanyak 12 Polres itu, permintaan personel terbanyak di wilayah Polres Manokwari dengan jumlah 133 personel Brimob, disusul Polres Mimika 100 personel. Sedangkan Polres Puncak Jaya hanya meminta 25 orang personel,” kata Mantan Wadir Intel Polda Papua.

Berikut total permintaan personil Brimob Polda Papua dari 12 Polres yang telah mengajukan bantuan BKO yakni Polres Jayapura, Sentani 70 personil, Jayawijaya 60 personil, Biak Numfor 30 personil, Mimika 100 personil, Sorong Kota 30 personil, Puncak Jaya 25 personil, Raja Ampat 30 personil, Mambermo Raya 12 personil, Manokwari 133 personil, Nabire 18 personil, Keerom 31 personil dan Polres Sorong 31 personil. (Jubi/Indrayadi TH)

Tags:
Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  66 PERSONIL BRIMOB SIAP AMANKAN PEMILU DI TIGA KABUPATEN