DPRD KOTA JAYAPURA HARAP KENAIKAN ULP DIDASARI KEMAMPUAN KEUANGAN

share on:
PNS Pemkot Jayapura(Jubi/sindung)
PNS Pemkot Jayapura(Jubi/sindung)

Jayapura, 28/3 (Jubi) – Wakil Ketua II DPRD Kota Jayapura, HM Darwis Massi memperingatkan agar menaikkan Uang Lauk Pauk (ULP) di jajaran pemerintah Kota Jayapura harus berdasar kemampuan keuangan daerah.

“Yang terpenting nantinya harus berbanding lurus dari prestasi, kedispilinan kerja dan output
pegawai negeri sipil (PNS) itu sendiri,” tegas Darwis kepada tabloidjubi.com, Jumat (28/3).

Hal ini dibenarkan juga Ketua PDIP Kota Jayapura, Didikus Rahamav. Bahkan dia menegaskan bahwa ia sangat setuju. “Segera di realisasikan itu,” jawabnya singkat kepada tabloidjubi.com, di Kota Jayapura, Papua, Jumat (28/3).

Sebelumnya, Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano memerintahkan agar Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura bersama stakeholder terkait untuk membuat kajian kenaikan Uang Lauk Pauk (ULP) di jajaran pemerintah Kota Jayapura. “Tim anggaran segera mengkaji ULP dan jangan terlalu lama,” ujarnya.

Tommy berharap pengkajian ini akan didapat nilai rupiah yang dirasakan dapat membantu kehidupan para PNS di pemerintah Kota Jayapura. “Kalau bisa Rp25 ribu, sehingga mereka bisa beli nasi ikan di kantin-kantin,” tambahnya.

Kepala BPKAD Kota Jayapura, Bambang Wirawan mengakui, hal ini telah dilakukan penelaan mendalam dan tinggal menunggu keputusan dari Sekretariat Daerah Kota Jayapura.

“Meski keputusan ULP ini naik, akan tetapi bentuk dukungan kesejahteraan PNS ini kan macam-macam di kota ini. Sehingga kita itu perlu memandang apakah nomenklaturnya satu, ULP saja dan menafikkan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP). Tapi yang jelas pembelajaan aparatur harus dibawah belanja publik,” jelas Bambang.

Menurut Bambang, TPP harus dikaji sesuai Permendagri 13 Tahun 2006 yang mengatur TPP, dimana pemberian ini harus didasarkan prestasi kerja, resiko, kondisi, beban dan kelangkaan profesi. “Dari semua ini, mana yang akan dipakai,” tukasnya.

Terkait kenaikan ULP ini, ditanggapi positif para PNS di pemerintah Kota Jayapura. “Ya senang sekali, ini salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada PNS,” ungkap Mardiono, salah satu PNS di bagian protokoler pemerintah Kota Jayapura, saat ditemui di DPRD Kota Jayapura. (Jubi/Sindung)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD KOTA JAYAPURA HARAP KENAIKAN ULP DIDASARI KEMAMPUAN KEUANGAN