KPU PAPUA LIBATKAN 20 LSM DAMPINGI KAUM DISABILITAS

share on:
Meriam Imbiri, salah satu tunanetra ketika dipandu mengikuti proses simulasi pencoblosan(Jubi/Alberth Yomo)
Meriam Imbiri, salah satu tunanetra ketika dipandu mengikuti proses simulasi pencoblosan(Jubi/Alberth Yomo)

Jayapura, 1/4 (Jubi) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua akan melibatkan 20 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat untuk mendampingi kelompok penyandang cacat (Disabilitas) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan Presiden mendatang.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, para relawan itu akan membimbing penyandang catat untuk menyalurkan hak suara mereka di bilik suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg), 9 April dan Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.

Puluhan relawan itu juga telah disumpah untuk tidak berbuat curang saat mendampingi kelompok difabel. Jadi mereka tidak mungkin berbuat curang,” kata Adam, Selasa (1/4).

Namun begitu, menurutnya KPU cukup kesulitan mendata para penyandang disabilitas yang tersebar di seluruh Papua, sejauh ini, yang berhasil terdata hanya yang berdomisili di Kota Jayapura dan sekitarnya serta Kabupaten Biak Numfor.

Mereka ini kan tersebar dan kami kesulitan. Tapi dalam sosialisasi yang dilakukan KPU kota Jayapura pekan lalu, kelompok disabilitas ini antusias mengikuti sosialisasi. Kami yakin mereka akan ambil bagian dan menggunakan hak suara mereka dalam Pemilu mendatang,” ujarnya.

Sementara Ketua Pusat Pemilu Akses Penyandang Cacat (PPAPC) Papua, Roby Yong mengatakan, kelompok disabilitas di Kota Jayapura  memiliki orang kepercayaan yang biasa mendampingi mereka.

Ya paling tidak, orang-orang yang sudah dipercaya itu, juga bisa masuk dalam pendampingan kelompok dsaibilitas di saat berada pada bilik suara,” kata Roby Yong.

Menurutnya, kecurigaan kalangan ini terhadap para pendamping masih tinggi. Salah satunya, mereka takut dicurangi saat pencoblosan di bilik suara.

Jadi paling tidak, satu orang kelompok disabilitas bisa didampingi  dua orang pendamping, untuk mencegah kecurangan yang terjadi,” ujarnya. (Jubi/Arjuna) 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU PAPUA LIBATKAN 20 LSM DAMPINGI  KAUM DISABILITAS