MERIAHKAN PASKAH, DAP LAPAGO GELAR LOMBA TARI DAN VOKAL GROUP TRADISIONAL

share on:
Salah satu peserta lomba saat mempresentasekan vokal grupnya di hadapan ratusan masyarakat adat Wilayah Lapago di Honai Asso Wetipo Hitigina Wamena, Papua, Sabtu (5/4/2014) (Jubi/ELISA)
Salah satu peserta lomba saat mempresentasekan vokal grupnya di hadapan ratusan masyarakat adat Wilayah Lapago di Honai Asso Wetipo Hitigina Wamena, Papua, Sabtu (5/4/2014) (Jubi/ELISA)

Wamena, 5/4 (Jubi) – Dalam rangka memeriakan Hari Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus (Paskah) 21 April 2014 nanti, Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah Lapago menggelar berbagai perlombaan.  Di antaranya, Lomba Tari-tarian dan Vokal Group Tradisional se-Wilayah Lapago.

Kegiatan perlombaan ini dilaksnakan di tiga tempat, yaitu di Honai Wosi pada 3 April dan Honai Asso Wetipo pada 5 April. Acara puncaknya akan digelar di Honai DAP wilayah Lapago di Sinapuk, Wamena, pada 10 April mendatang.

“Kami melihat nilai Paskah itu sangat berarti bagi orang Balim. Sebab,berdasarkan budaya, jika orang Balim mati melakukan perngorbanan yang amat tinggi dibanding orang Balim lahir. Maka,  Paskah bagi kami orang Balim sangat berarti untuk dirayakan, karena ada keterkaitan,” jelas Pimpinan DAP Wilayah Lapago, Yulianus Hisage, Sabtu (5/4).

Menurut Yulianus, kebangkitan Tuhan Yesus itu juga menandakan bagi pihaknya di Lembah Balim. Sebab selama ini mereka menderita di tanahnya sendiri yang kaya akan sumber daya alam (SDA).

“Masyarakat kecil yang selama ini sedang lapar dan berjualan sayur, ubi dan pinang dipinggir jalan bagaimana kami dorong mereka supaya ada kebangkitan dari penderitaan ini,” kata Yulianus.

Yulianus  mangatakan, pihaknya juga mendorong supaya gereja juga mau melihat nilai-nilai budaya dalam momen-momen tertentu. “Ya, seperti kebangkitan Tuhan Yesus dan kelahiran supaya gereja betul-betul berakar pada budaya setempat,” lanjutnya.

Menurut Yulianus, Tuhan Yesus adalah presiden bagi Bangsa Papua. “Kami dengan seteguh hati, yakin Tuhan Yesus akan memberikan kebebasan bagi bangsa Papua yang sedang menderita di bawah kekayaannya sendiri,” katanya.

“Kami yakin dan percaya, Tuhan Yesus akan memberikan kami kebebasan, karena ia adalah presiden bagai bangsa-bangsa di dunia, lebih khusus kami bangsa Papua,” tambahnya.

Edison, salah seorang warga masyarakat adat daerah Kurim,mengatakan kegiatan ini sangat positif sekali. Sebab secara langsung mengangkat harkat dan martabat masyarakat Lembah Balim dari segi budayanya, terutama dalam memeriakan Hari Kebangkitan atau Paskah.

“Kegiatan ini sangat positif sekali yang mengangkat harkat dan martabat kami di Lembah Balim. Saya berharap supaya setiap tahun kegiatan perlombaan seperti ini terus dilaksanakan,” jelas Edison. (Jubi/Elly Yoma)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MERIAHKAN PASKAH, DAP LAPAGO GELAR LOMBA TARI DAN VOKAL GROUP TRADISIONAL