PASKA PERGANTIAN MERAH PUTIH DENGAN BK, PERBATASAN RI-PNG AKAN DIBENAHI

share on:
Batas RI-PNG. (Doc.Jubi)
Batas RI-PNG. (Doc.Jubi)

Jayapura, 7/4 (Jubi) – Pasca pergantian bendera Merah Putih dengan Bintang Kejora (BK) yang menyebabkan aksi baku tembak antar aparat TNI/Polri dengan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) di di Wutung, Kota Jayapura, Papua atau perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG), Sabtu (5/4), sejumlah pembenahan akan dilakukan Kodam XVIII/Cenderawasih, Polda Papua dan Pemerintah Provinsi Papua.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Christian Zebua mengatakan, salah satu yang akan dibenahi adalah menggeser tiang bendera di pintu batas kedua negara itu.

“Rencananya tiang bendera akan digeser sekitar 300 meter maju kedepan, mendekati pos jaga aparat keamanan kita. Nantinya di tempat awal tiang bendera akan digantikan papan nama berukuran besar yang bertuliskan Pemerintah Provinsi Papua, Indonesia,” kata Pangdam, Senin (7/4).

Menurutnya, pergeseran tiang bendera itu juga dilakukan untuk menghindari kejadian penodaan bendera Merah Putih. Penodaan Merah Putih yang telah dua kali dilakukan oleh kelompok orang tak dikenal.

“Bendera Merah Putih permanen akan didirikan dekat pos jaga aparat, agar mudah dipantau. Pergeseran tiang bendera dilakukan untuk menghindari hal-hal tak diinginkan oleh kelompok yang berseberangan dengan NKRI,” ujarnya.

Selain itu dikatakan, pembenahan lainnya juga akan dilakukan pada kaca tower perbatasan yang nantinya akan diganti dengan kaca anti peluru, untuk menjaga keamanan petugas di atas tower.

“Kan jarak pandang dari atas tower sangat strategis dan bisa menjangkau semua lokasi. Nantinya kami akan berkoordinasi dengan Polda Papua dan Pemerintah Provinsi Papua,” katanya. (Jubi/Arjuna) 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PASKA PERGANTIAN MERAH PUTIH DENGAN BK, PERBATASAN RI-PNG AKAN DIBENAHI