PEMKAB INTAN JAYA GELONTORKAN RP. 5 MILIAR SUKSESKAN PILEG

share on:
Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni. (Jubi/Arjuna)
Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 7/4 (Jubi) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Intan Jaya menggelontorkan dana sebesar Rp. 5 miliar untuk mensukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) di wilayah itu.

“Itu dana hibah. Untuk Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat Rp. 3 miliar sedangkan untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat sebesar Rp. 2 miliar. Ini kan hajatan pusat, jadi tak bisa lebih jumlah itu. Kecuali kalau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) itu full dari daerah,” kata Bupati Intan Jaya, via pesan singkatnya kepada tabloidjubi.com, Senin (7/4).

Menurutnya, KPUD Intan Jaya juga mendapat dana dari KPU Pusat. Sesuai laporan sekertaris KPUD setempat jumlahnya Rp. 21 miliar.

“Laporan yang saya terima begitu. Tapi saya kurang tahu pasti apakah dana itu sudah termasuk untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang atau tidak,” ujarnya.

Tahapan Pileg di Intan Jaya kata Natalis, sedang dilakukan KPUD setempat. Distribusi logistik juga sudah dilaksanakan. Kini seluruh anggota KPUD Intan Jaya telah berada di ibukota kabupaten, Sugapa.

“Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga telah dilantik. TPS pun sudah disiapkan. Tinggal menunggu hari pencoblosan,” katanya.

Sebelumnya, sempat terjadi kekisruhan rekrutmen PPD di wilayah itu. Masyarakat bahkan memalang kantor KPUD setempat dan mengancam akan memboikot Pemilihan Umum (Pemilu) di Intan Jaya.  Namun komisioner KPU Papua, Zadrak Nawipa mengatakan, sudah tak ada lagi masalah.

“Itu hanya miss komunikasi. Mungkin ada hubungannya dengan Pilkada di sana lalu. Jadi semua sudah selesai. Pemerintah dan masyarakat mendukung Pemilu di sana,” kata Zadrak Nawipa lalu. (Jubi/Arjuna)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMKAB INTAN JAYA GELONTORKAN RP. 5 MILIAR SUKSESKAN PILEG