POLISI BENTUK TIM INVESTIGASI JATUHNYA PESAWAT PILATUS

share on:
Kondisi pesawat saat jatuh di sekitar jembatan Advent, Doyo, Sentani, Kabupaten Jayapura (Jubi/Indrayadi TH)
Kondisi pesawat saat jatuh di sekitar jembatan Advent, Doyo, Sentani, Kabupaten Jayapura (Jubi/Indrayadi TH)

Jayapura, 10/4 (Jubi) – Kepolisian Daerah (Polda) Papua akan membentuk tim investigasi untuk mencari tahu sebab jatuhnya Pesawat model Pilatus milik Gereja Masehi Advent yang gagal lepas landas (take off) dari landasan pacu Doyo, Sentani, Jayapura, Rabu  (9/4) kemarin.

Kapolda Papua, Inspektur Jendral (Pol) Tito Karnavian menilai jatuhnya pesawat tersebut karena take Off. jarak landasan terbang dengan lokasi jatuhnya pesawat, sangat dekat sekali.

Tidak bisa terbang atau terangkat, Kami belum tahu penyebab pastinya, karena teknisnya akan diperiksa dari tim KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi),” kata Tito, Rabu (9/4) kemarin.

Pesawat yang akhirnya menabrak jembatan ini, pecah dan kemudian jatuh ke badan jalan raya. Dua orang meninggal akibat insiden itu.

Pihaknya mengamankan tempat kejadian perkara, kedua Kapolres diminta untuk lakukan investigasi, berikut mewawancarai korban yang luka ringan dan para saksi lainnya.

Kami akan meminta tim KNKT sebagai saksi ahli melakukan investigasi untuk pastikan penyebabnya. Apakah karena kesalahan teknis atau kelalaian manusia (Human error),” kata Tito.

Insiden itu mengakibatkan korban sebanyak 7 orang, dua di antaranya meninggal dunia yakni pilot dan satu penumpang.

Sakul, Base Manajer Penerbangan Advent sebelumnya menolak memberi keterangan atas insiden itu.” Saya tidak bisa bicara soal penyebab kecelakaan pesawat karena bukan kewenangan saya. Penumpang lainnya luka-luka dan sedang dirawat di Rumah Sakit Yowari, Doyo,” kata kepada tabloidjubi.com di Doyo, Sentani, Rabu (9/4).

Dalam pantauan tabloidjubi.com, bangkai pesawat telah dibungkus tenda biru dan diberi garis polisi (Police line) . Masyarakat sekitar masih banyak berdatangan untuk melihat bangkai pesawat. Data yang diperoleh di lapangan, kecelakaan pesawat terjadi kurang lebih pada Pkl. 08.40 WIT. (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  POLISI BENTUK TIM INVESTIGASI JATUHNYA PESAWAT PILATUS