POLISI KIRIM BRIMOB AMANKAN RICUH SISTEM NOKEN DI TOLIKARA

share on:
Ilustrasi Pemilu 2014 (beritakendal.com)
Ilustrasi Pemilu 2014 (beritakendal.com)

Jayapura, 13/4 (Jubi) – Satu peleton (2-4 regu/16-50 personil) Brigade Mobil (Brimob) dari Kepolisian Daerah (Polda) Papua akan dikerahkan untuk mengantisipasi perselisihan akibat suara proses pemilu di Kabupaten Tolikara yang menggunakan sistem noken.

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Tito Karnavian, mengatakan pelaksanaan Pemilu di wilayah itu memang ada sedikit perbedaan pendapat mengenai suara.

Karena di sana menggunakan sistem noken,tapi saya dengar Kapolres bersama TNI, Pemda, KPU, Panwaslu sudah bisa selesaikan. Namun, hari senin (14/4) Satu pleton Brimob akan dikirim kesana ” kata Tito, Minggu (13/4).

Sebelumnya dilaporkan oleh seorang warga, Sabtu malam ( 12/4) sekitar pukul 20.00 WIT nyaris terjadi kekacauan di Bokondini, Tolikara, saat perhitungan suara berlangsung. Beberapa kandidat Calon Legislatif merasa tidak puas atas hasil perhitungan suara dan mencurigai terjadinya kecurangan.

Masyarakat yang tidak puas ini menjadi marah karena menganggap perhitungan suara terlalu lama dilakukan sehingga menimbulkan potensi kecurangan.” kata Yoram, warga Bokondini ini, ketika menghubungi Jubi, Sabtu (12/4) malam.

Kekacauan dalam penghitungan suara ini membuat polisi terpaksa melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk mengendalikan para pendukung masing-masing kandidat yang mulai saling memprovokasi.

Warga, kata Yoram, kemudian kembali ke rumah mereka masing-masing untuk mengambil busur dan anak panah, kemudian kembali ke lapangan dan melakukan tarian perang.

Masing-masing kubu yang bertikai sempat berkerumun untuk membicarakan rencana mereka selanjutnya.” kata Yoram.

Saat dihubungi kembali pagi ini (Minggu, 13/4), Yoram mengatakan ketegangan yang terjadi semalam telah berangsur mereda.

Ia juga mengatakan tidak terjadi apa-apa hingga pagi hari. Meski demikian, belum ditemukan solusi untuk persoalan yang dihadapi kelompok-kelompok yang bertikai ini.

Terlalu banyak calon yang tidak ingin suara mereka berkurang.” ujar Yoram. (Jubi/Indrayadi TH)

Tags:
Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  POLISI KIRIM BRIMOB AMANKAN RICUH SISTEM NOKEN  DI  TOLIKARA