DIDUGA ADA KECURANGAN, CALEG GOLKAR MINTA PENCOBLOSAN DI DISTRIK WELAREK DIULANG

share on:
Albert Tulihanuk (Jubi/Islami)
Albert Tulihanuk (Jubi/Islami)

Wamena, 15/4 (Jubi) – Diduga terjadi kecurangan saat pencoblosan pada 9 April 2014 lalu di Distrik Welarek, Kabupaten Yalimo, salah seorang caleg dari Partai Golkar Yalimo meminta dilakukan pemilihan ulang.

Ketua DPD Golkar Yalimo, Albert Tulihanuk kepada wartawan di Wamena, Selasa (15/4) mengatakan, meskipun pelaksanaan pemilihan legislatif di Yalimo berjalan dengan aman dan lancar, namun pihaknya melihat terjadi pelanggaran saat pencoblosan di sejumlah TPS di Distrik Welarek.

“Memang pelaksanaan Pileg berlangsung aman, hanya saja saya melihat dan merasakan sendiri terjadi kecurangan di TPS. Salah satunya di wilayah Distrik Welarek,” ujar Albert Tulihanuk.

Albert menilai dari 63 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Distrik Welarek ada sebagian besar terjadi kecurangan. Meski demikian, Albert mengakui, beberapa TPS lainnya melaksanakan pencoblosan sesuai aturan yang ada.

“Sebagian TPS pemilihan berlangsung secara demokrasi tetapi sebagian besar tidak dilakukan secara demokrasi,” katanya.

Dijelaskan, kecurangan yang terjadi ditingkat TPS itu adalah sebelum pelaksanaan pencoblosan. Modusnya,  ada oknum caleg mengumpulkan setiap kepala kampung maupun petugas PPS dan KPPS  dan mengatur surat suara yang seharusnya dicoblos oleh warga.

“Pihak penyelenggaran PPS, KPPS dikumpulkan lalu diatur surat suaranya pada tanggal 8April  malam diatur. Ketika hari pencoblosan lakukan bakar batu makan bersama masyarakat dan kemarin tanggal 14 April itu masyarakat masuk antar surat suara yang ikat itu ke Distrik Welarek,” jelas politisi partai Golkar ini.

Ditambahkan Albert, dengan kejadian tersebut pihaknya merasa dirugikan, maka dari itu pihaknya meminta kepada penyelenggara PPD maupun KPU Yalimo agar menggelar pemilihan ulang di TPS yang tidak melaksanakan pencoblosan sesuai aturan.

Sementara itu anggota Panwaslu Yalimo, Oscar Walilo saat dihubungi tabloidjubi.com mengakui, pihaknya belum menerima laporan pelanggaran termasuk beberapa pihak yang menyampaikan dugaan pelanggaran.

“Tapi Panwas belum cek apakah yang berkeberatan itu sudah mengadu ke tingkat atau belum,” tegas Oscar. (Jubi/Islami)

Tags:
Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DIDUGA ADA KECURANGAN, CALEG GOLKAR MINTA PENCOBLOSAN DI DISTRIK WELAREK DIULANG